Prev: «

Bahasa Pemrograman

By Adhi P. - Last updated: Saturday, January 7, 2012 - Save & Share - Comments

banner438kursus Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman web yang sangat populer adalah bahasa PHP dan saya akan mencoba berbagi tentang apa yang dimaksud dengan bahasa pemrograman.

Sebelum mempelajari apa yang dimaksud dengan bahasa PHP, mari kita lihat dulu apa definisi dari bahasa pemrograman yang saya ambil dari beberapa referensi.

Wikipedia.org mendefinisikan bahasa pemrograman sebagai berikut:

A programming language is an artificial language designed to communicate instructions to a machine, particularly a computer. Programming languages can be used to create programs that control the behavior of a machine and/or to express algorithms precisely.

Jika saya terjemahkan bebas, artinya kira-kira seperti ini:

Bahasa pemrograman adalah sebuah bahasa buatan yang didesain untuk mengomunikasikan instruksi pada sebuah mesin, khusunya komputer. Bahasa pemrograman dapat digunakan untuk membuat program yang mengendalikan perilaku mesin dan/atau mengkspresikan algoritma dengatn tepat.

Sedangkan menurut The American Heritage Dictionary of the English Language seperti yang tertulis di thefreedictionary.com, definisi bahasa pemrograman adalah sebagai berikut:

An artificial language used to write instructions that can be translated into machine language and then executed by a computer.

Terjemahan bebasnya:

Bahasa pemrograman adalah bahasa buatan yang digunakan untuk menulis instruksi yang bisa diterjemahkan menjadi bahasa mesin untuk meudiakn dikerjakan oleh sebuah komputer.

Website tersebut juga memberikan definis lain dari bahasa pemrograman menurut Collins ENglish Dictionary sebagai berikut:

a simple language system designed to facilitate the writing of computer programs.

Bahasa pemrograman adalah sistem bahasa sederhana yang didesain untuk menfasilitasi penulisan program komputer.

Dari ketiga definisi tersebut kita bisa melihat bahwa bahasa pemrograman terkait dengan 3 hal berikut:

Bahasa adalah cara kita berkomunikasi dengan makhluk lain. Kita bisa mempelajari bahasa Inggris agar kita bisa berkomunikasi atau berbicara dengan orang Inggris. Sama halnya dengan hal itu, kita harus mempelajari bahasa pemrograman agar bisa berkomunikasi dengan komputer atau server.

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

Lho, bukankah meskipun kita tidak bisa bahasa pemrograman kita tetap bisa berkomunikasi dengan komputer, misalnya saat kita menggunakan MS-Word untuk menulis artikel, menggunakan Firefox untuk mengakses internet, dll.

Saat mengerjakan hal-hal tersebut, kita kan tidak perlu belajar bahasa pemrograman untuk bisa berkomunikasi dengan komputer? Benar, dan itu akan kita bahas dalam artikel selanjutnya di mana kita akan melihat hubungan antara bahasa pemrograman dengan presiden SBY.

 

About the author

 Bahasa Pemrograman Adhi Prasetio mulai menggeluti pembuatan website sejak tahun 2001. Di samping kesibukannya sebagai pengajar dan pembicara dengan topik e-commerce, penulis juga telah bertahun-tahun aktif menulis di internet. Sebagian besar tulisannya ditujukan untuk berbagi pengalaman dan membantu para pemula dalam mempelajari cara membuat website dan internet marketing. Penulis yang juga dikenal sebagai Prothelord, merupakan pengelola sekaligus kontributor utama websitehttp://prothelon.com yang merupakan salah satu website populer untuk belajar membuat website. Buku yang sudah diterbitkan antara lain Cara Mudah Membuat Desain web untuk Pemula, Tip & Trik Menjadi Master PHP, Buku Pintar Pemrograman Web dan Smart Guide Jualan Online. Anda bisa melihat profilnya di Google+

Prev: «
Posted in Artikel • Tags: , Top Of Page