Peluang Bisnis Internet di Indonesia – 2

By Adhi P. - Last updated: Monday, February 26, 2007 - Save & Share - Comments

banner438kursus Peluang Bisnis Internet di Indonesia   2

Dalam tulisan sebelumnya, kita sudah membahas beberapa pemikiran optimis tentang bisnis internet di Indonesia. well, 16 juta memang bukan angka yang kecil. namun apakah benar potensi pasar itu bisa menghasilkan uang? itu perkara lain.

 

Ternyata sebagian besar pengguna internet di Indonesia adalah pelajar dan mahasiswa, tentu saja karena segmen itu yg paling melek duluan kan? Data juga menunjukkan bahwa sebagian besar pengguna internet melakukan akses dari kantor dan warnet.
Hal tersebut diperparah dengan kenyataan bahwa orang indonesia katanya sangat senang melakukan cracking maupun carding. hal tersebut tentu saja membuat pengusaha takut menerima pembayaran terutama dari kartu kredit Indonesia.
Nah lo, jadi gimana tuh bisnis internet di Indonesia???

 

Menurut saya, bisnis internet tetap sangat menjanjikan. Memang sih saat ini yang baru mulai kebanyakan masih di sektor komputer, gadget dan buku. namun ke depan para mahasiswa yang saat ini sudah melek internet keungkinan besar akan menjadi segmen pasar yang cukup punya duit untuk belanja. nah saat itulah kita akan melihat potensi pasar tersebut mulai tumbuh.untuk pembayaran saat ini nampaknya banyak yg menggunakan metode transfer sebagai ganti kartu kredit. dan sebagai alternatif, Paypal juga sudah mulai masuk Indonesia. Walaupun saat tulisan ini dibuat, peserta dari Indonesia baru bisa mengirim saja, namun ada cara untuk membuat account Paypal kita bisa digunakan untuk menerima pembayaran dollar dari luar negeri yang sudah saya coba (baca pengalaman saya di sini). Lumayanlah.
pengiriman barang saat ini sudah banyak alternatifnya, mulai dari tiki sampai fedex (Pos juga kali ya?).

 

Jadi, apakah kita harus mulai bisnis internet kita saat nanti di mana para mahasiswa itu udah kaya?

 

Jawabnya tidak, sebaiknya mulai dari sekarang, ingat bahwa sebuah bisnis tidak akan dikenal dalam semalam, terutama kalau kamu punya dana promosi cekak. start dari sekarang, sehingga saat nanti potensi pasar sudah berkembang dengan baik, kita sudah memiliki bisnis dengan web site yang cukup dikenal. udah taukan kalau situs web yang udah kita bikin susah-susah juga perlu dipromosikan, agar tidak menjadi situs web yang terasing tanpa pengunjung? [sedih…]
atau kalau budget promo sangat minim kamu harus memanfaatkan search engine sebagai gantinya, nah metode ini butuh waktu lho, terutama karena kamu harus mengusahakan agar situs kamu berada di posisi 10 besar atau minim 20 besar untuk kata kunci yg    relevan buat bisnis kamu. (By the way kamu udah tau kan kalau prothelon.com ada di posisi yang sangat baik jika kamu mencari di google untuk kata kunci belajar php? coba aja). nah posisi seperti itu butuh proses dan waktu.
Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

 

Pertimbangan lainnya adalah biaya hosting saat ini udah murah banget. cuman dengan biaya dibawah 200 ribu, kamu udah bisa punya web sendiri.
so, tunggu apa lagi, mulai bisnis web kamu sekarang….
Posted in Artikel • Tags: , Top Of Page