Tutorial Cara Membuat Website tidak Lengkap?

By Adhi P. - Last updated: Saturday, January 30, 2010 - Save & Share - Comments

banner438kursus Tutorial Cara Membuat Website tidak Lengkap?

Pertengahan Januari yang lalu ada salah satu pengunjung prothelon.com namanya ayu (tentu saja saja itu bukan nama yang sebenarnya) yang mengirim email. Isinya mempertanyakan mengapa tutorial yang saya berikan di sini setengah-setengah. Email selengkapnya adalah seperti ini:

 

mas..bikin tutorial kok setengah setengah, bilang aja sekalian suruh kursus online yang pake bayar,

dasar kurang kerjaan..mending booking saya aja mas, harganya pas 400rb per dua jam, dari pada situ

bilangnnya 450, trus dijual 150, pake harga sewaktu waktu naik lagi, telek ayam nich orang….

 

 

Karena isi emailnya menunjukkan kemarahan dan sangat tidak puas, maka perlu segera saya follow up. Saya akan jelaskan beberapa hal bagi teman-teman pengunjung yang merasakan hal yang sama agar tidak salah paham. Mudah-mudahan bermanfaat.

 

Langkah pertama yang saya lakukan adalah introspeksi diri apa benar tutorialnya setengah-setengah? Kalau benar tutorial yang mana ? Untuk itu saya mencoba menggali pendapat kamu semua tentang kelengkapan materi di prothelon.com melalui pooling. Hasil sementara setelah 10 hari (s.d tgl 29 Jan 2010) dengan 63 voters adalah:

 

 

 

Ini artinya sekitar 68% pengunjung sebenarnya sudah cukup puas dengan kelengkapan materi di prothelon.com, namun ternyata memang masih ada 32% dari pengunjung prothelon.com yang kurang puas seperti pengirim email tadi.

 

Untuk itu perlu saya jelaskan bahwa tutorial di prothelon.com terutama untuk PHP basic sudah selesai (ada 15 posting), namun untuk HTML (7 posting), MySQL (6 posting) dan VB (2 posting) memang masih terus saya coba lengkapi sedikit demi sedikit. Untuk itu saya mohon teman-teman bersabar ya. Tutorial gratis di sini bisa kamu lihat di menu utama sebelah kanan atau klik di sini.

 

Kursus-online.com saya sediakan sebagai piilihan buat kamu yang merasa tidak cukup hanya dengan membaca materi tutorial saja. Karena di sana disediakan juga tempat praktek langsung. Karena kelebihan itulah kursus-online.com saya buat sebagai layanan berbayar.

 

Catatan: Jika kamu tidak tertarik untuk mencoba mengunjungi kursus-online.com, Klik tombol Next di bagian bawah setiap tutorial untuk menuju ke tutorial berikutnya. Saya pikir teman-teman yang menganggap kurang lengkap mungkin antara lain disebabkan kesulitan menemukan materi tutorial selanjutnya. Bagi yang merasa demikian, mohon lebih teliti ya.

 

Namun demikian perlu saya tekankan kembali bahwa saya tidak pernah menyuruh untuk mengambil kursus-online.com. Pilihan kursus-online.com sepenuhnya tergantung kamu sendiri dan sama sekali tidak wajib, kamu sangat bisa menggunakan tutorial yang ada di prothelon.com secara gratis apabila sudah dianggap cukup, tanpa perlu belajar di kursus-online.com.

 

Sebagai tambahan, saya informasikan bahwa kamu tentu saja juga bisa memilih metode belajar yang lain, karena saat ini pilihan metode belajar membuat website memang sangat bervariasi. Sebagai contoh saya akan sebutkan beberapa di sini:

 

 

 

Kalau saya sendiri sudah berusaha semampunya men-share pengetahuan yang saya miliki melalui berbagai macam cara sebagai berikut:

 

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

 

 

Mudah-mudahan teman-teman semua bisa merasakan keinginan saya yang tulus untuk berbagi pengetahuan dan informasi ini bisa membantu kamu.

 

Penjelasan saya untuk kalimat “harga sewaktu-waktu bisa naik”: Ya, itu memang benar. Saya menuliskan kalimat itu karena saya memang sudah beberapa kali menaikkan harga, dari semula hanya 30 rb hingga saat ini harga diskon menjadi 150 rb. Kalimat itu memang sengaja saya tulis agar saya bisa mengubah harga kapanpun saya memerlukannya.

 

Sebagai perbandingan, silakan perhatikan penawaran bisnis internet yang lain mereka umumnya menyatakan bahwa harga akan naik atau bonus hilang jika tidak membeli pada jam tertantu keesokan harinya, padahal saat dicek keesokan harinya ternyata tidak terjadi. Saya sengaja mengganti kalimat promo tersebut dengan yang lebih realistis dan benar.

 

Akhir kata, tak ada gading yang tak retak, saya sadar apa yang saya tulis di sini masih sangat jauh dari kesempurnaan, untuk itu saya mohon maaf jika ada rekan-rekan pengunjung yang kurang berkenan. Namun yakinlah bahwa saya tetap berusaha semampu saya untuk selalu memperbaiki tutorial yang ada.

 

Oh iya, kalau kamu tidak keberatan silakan komentar dan sampaikan saja materi yang kurang lengkap atau cukup lengkap di sini. Mohon usahakan untuk memberikan masukan secara spesifik, dengan bahasa yang wajar dan hindari kata-kata kasar. Saya akan berusaha follow up semampu saya meskipun kamu tidak menggunakan kata-kata kasar.

 

Salam hangat.

About the author

 Tutorial Cara Membuat Website tidak Lengkap? Adhi Prasetio mulai menggeluti pembuatan website sejak tahun 2001. Di samping kesibukannya sebagai pengajar dan pembicara dengan topik e-commerce, penulis juga telah bertahun-tahun aktif menulis di internet. Sebagian besar tulisannya ditujukan untuk berbagi pengalaman dan membantu para pemula dalam mempelajari cara membuat website dan internet marketing. Penulis yang juga dikenal sebagai Prothelord, merupakan pengelola sekaligus kontributor utama websitehttp://prothelon.com yang merupakan salah satu website populer untuk belajar membuat website. Buku yang sudah diterbitkan antara lain Cara Mudah Membuat Desain web untuk Pemula, Tip & Trik Menjadi Master PHP, Buku Pintar Pemrograman Web dan Smart Guide Jualan Online. Anda bisa melihat profilnya di Google+

Posted in Artikel • Tags: , Top Of Page