Belajar CMS: Cara Membuat Toko Online dengan Prestashop

By Adhi P. - Last updated: Thursday, January 22, 2015 - Save & Share - Comments

banner438kursus Belajar CMS: Cara Membuat Toko Online dengan Prestashop

Cara membuat toko online dengan Prestashop sangat mudah karena tinggal di instal. Ketika semua file sudah terupload di web server, anda bisa langsung untuk configurasi toko online tidak lebih dari lima menit. Sebelum memulainya, pastikan syarat – syarat yang harus ada, antara lain : space di server hosting provider, domain name, ftp client untuk upload file dan editor.

 

Oke, langsung saja ikuti langkah – langkah instalasi prestahsop dibawah ini, untuk yang akan saya bahas adalah

instalasi langsung di web server hosting sehingga anda harus selalu conect dengan internet (sumber gambar diambil dari http://doc.prestashop.com/display/PS16/Installing+PrestaShop) :

1. Download paket prestashop di http://www.prestashop.cp,/en/download. dan unzip .

 

2. Create database prestahsop pada web server. Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel-artikel sebelumnya, membuat database membutuhkan database administration tool. Tool yang akan kita gunakan adalah phpMyAdmin, yang biasanya ada di control panel admin web hosting.

 

 

 

Pada kolom sebelah kiri, anda dapat melihat database yang ada di MySQL server. Sedangkan untuk membuat databasenya, Klik pada “Database” pada kolom sebelah kanan, ketikkan nama database prestashop anda lalu klik “create new database” . Nama database baru akan ditambahkan pada daftar dalam kolom sebelah kiri.

 

3. Buka ftp,saya biasa menggunakan ftp Filezilla login ke server kemudian upload file prestahop pada folder di file manager.

– Jika toko online anda akan dijadikan sebagai web utama, upload prestashop pada root folder misalnya www.domainanda.com.

-jika web toko online anda dijadikan sub folder dari domain anda, anda harus membuat folder misalnya www.domainanda.com/toko.

– Jika web toko online mau dijadikan sub domain, anda harus membuat sub domain pada admin panel di hosting anda.

 

 

Pada sebelah kiri dari Filezilla, adalah folder prestashop yang anda simpan di pc lokal dan harus sudah di extract. Sebelah kanan filezilla adalah lokasi prestashop akan di tempatkan. Upload dengan memilik file pada sisi sebalah kiri lalu drag & drop atau klik kanan dan pilih upload. Uploadnya sendiri membutuhkan beberapa waktu karena file dari prestashop ada leih dari 7500 file.

 

 

4. Setelah semua file terupload, Jalankan instalasi scriptnya dengan cara buka web browser dan ketikkan nama domain anda dimana prestashop di instal.

5. Ikuti intsruksi atau langkah – langkahnya yang ada dilayar, sebagai berikut :

 

 

– Pada halaman pertama adalah greeting “welcome to the Prestashop” dibawahnya anda bisa pilih bahasa yang akan anda gunakan. klik next.

 

– Masuk ke prestashop licenses, disini anda bisa membaca lisensinya atau peraturan menggunakan software ini. Jika setuju centang ” I agree to the above term and condition” , klik Next.

 

 

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

– Halaman ketiga adalah pengecekan dari semua parameter sever yang ada di hostingnya. Pada banyak kasus, anda tidak akan menemui halaman ini ketika tidak terjadi kesalahan dan langsung menuju ke halaman ke 4, yaitu ” Store Information” .

 

Namun apabila terjadi kesalahan, installer berhenti.

 

Biasanya kesalahan pada konfigurasi PHP atau file permissions-nya. Ubah file permissionnya pada 755 atau 775. Cara ubah file permission / CHMOD dengan cara klik kanan pada folder prestashop, pilih change permission

 

Setelah dirubah CHMOD-nya dan pastikan konfigurasi PHP benar lalu klik “refresh these setting” . Jika semua indikator berwarna hijau, instalasi berhasil.

– Masuk ke halaman “Information Store” . Disini anda bisa memulai kostumisasi toko online anda. Beri nama, logo, identitas pemilik toko dan lain – lain.

 

– Setelah klik Next, masuk ke halaman sistem konfigurasi, Pada halaman ini adalah form yang berisi informasi keberadaan database prestashop anda, untuk apa database digunakan secara detail.

 

6. Setelah selesai instalasi, delete folder /Install, dan siap untuk di setting.

Silahkan Mencoba cara membuat toko online dengan Prestashop ya!

(Sumber : docs.prestashop.com)

 

Posted in Belajar CMS • Tags: , Top Of Page