Belajar CMS: CMS Toko Online Gratis

By Adhi P. - Last updated: Saturday, November 29, 2014 - Save & Share - Comments

banner438kursus Belajar CMS: CMS Toko Online Gratis

Kali ini kita akan membahas fungsi CMS yang lain selain untuk blog, web company profile, dan web forum. Ya..dilihat dari perkembangan toko online sekarang ini yang pesat, maka tidak salah kalau saya akan membahas membuat toko online menggunakan berbagai macam CMS yang disediakan khusus untuk toko online.

 

Ada beberapa CMS yang khusus untuk toko online dan ada yang berupa plugin menginduk cms yang lainnya seperti wp-ecommerce bawaan dari wordpress dan virtueMart dari Joomla. Berikut ini akan saya jabarkan beberapa CMS terkenal yang banyak dipakai user untuk membuat shop online.

 

1. OsCommerce

menurut wikipedia OsCommerce adalah cms toko online yang dapat digunakan pada banyak webserver yang terinstal PHP dan MySQL/ Oscommerce. OsCommerce singkatan dari Open Source Commerce, dibuat pada Maret 2000 oleh Herald Ponce De Leon. Pada Agustus 2008 mereka mengukuhkan bahwa OsCommerce sudah dipakai lebih dari 14.000 website.

2. Prestashop

Ada lebih dari 100.000 shop online yang menggunakan prestashop. Disamping gratis, prestashop ini mempunyai tampilan yang sedarhana namun mempunyai feature yang komplit.

3. OpenChart

Openchart adalah free CMS yang terbuka, menyediakan fitur yang profesional dan dapat diandalkan untuk membangun toko online. Walaupun sudah banyak software toko online , namun Openchart semakin hari semakin matang , baik dari tampilan, alur dan memudahkan pemakai. Faktor lainnya lagi ialah dari alur proses order barang, semua sudah tersistem dengan rapi bahkan untuk sekedar toko online Indonesia juga sudah support dengan bahasa Indonesia “menggunakan ektensi BI”.

4. Wp Ecommerce

Wp Ecommerce merupakan software bawaan dari wordpress. Bisa dikatakan wp ecommerce merupakan Plugin dari wordpress. WordPress sendiri sebenarnya mempunyai banyak plugin yang bisa digunakan sebagai toko online, namun plugin wp e commerce yang paling banyak digunakan. Untuk menggunakan wp ecommerce, terlebih dulu anda harus menginstal CMS wordpress di hosting anda.

5. VirtueMart

Sama seperti wp E commerce, Virtuemart adalah modul tambahan dari Joomla yang digunakan untuk toko online atau e-commerce. Untuk menggunakan virtuemart tentunya anda harus menginstal CMS joomla terlebih dahulu. Jadi, untuk bisa menggunakan virtuemart anda harus menginstal Joomla terlebih dahulu

6. ZenCart

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

Sama seperti yang lain, Zencart adalah software toko online yang disediakan gratis, dan juga bersifat terbuka. Zencart sendiri merupakan cabang dari OsCommerce, yang akhirnya dijadikan sebagai proyek yang terpisah pada tahun 2003. Berbasis PHP , menggunakan MySQL database dan komponen html.

 

Software toko online yang saya sebutkan diatas, merupakan cms yang banyak digunakan pemilik toko online. Pada artikel berikutnya akan saya jelaskan secara detail satu persatu ke 6 CMS tersebut. Ikuti terus artikel ini ya!

 

Posted in Belajar CMS • Tags: Top Of Page