Belajar CMS: Membuat Toko Online Dengan Zencart

By Adhi P. - Last updated: Saturday, December 6, 2014 - Save & Share - Comments

banner438kursus Belajar CMS: Membuat Toko Online Dengan Zencart

Zencart salah satu software yang digunakan untuk membuat toko online. Zencart sendiri dibangun oleh sekumpulan programmer, designer, pemilik shop online dan juga consultan software. Zencart sendiri merupakan cabang dari OsCommerce yang akhirnya dijadikan sebagai proyek yang terpisah pada tahun 2003.

Zencart dapat di install di server manapun, yang mendukung PHP dan database MySql. Untuk cara instalasinya hampir sama dengan instalasi CMS yang lain. Anda bisa memilihin menginstal langsung melalui auto installer yang disediakan oleh provider hosting seperti fantastic deluxe, atau upload semua filenya dengan ftp.

Berikut ini cara menginstal Zencart :

1. Download software Zencart di http://www.zen-cart.com/getit , kemudian di extract.

2. Login ke cpanel hosting anda buat database menggunakan MySQL database. Buat username dan passwordnya, klik “create database”.

3. Bua ftp, login ftp menggunakan username dan password sesuai dengan cpanel hosting anda. Upload file Zencart yang sudah di extract ke direktori di hosting yang dikehendaki.

4. Setelah semua file terupload, buka browser ketikan nama url toko online anda. Akan muncul halaman seperti dibawah ini ;

 

5. Klik Zc.install/index.php , kemudian akan muncul gambar seperti berikut ini :

 

6. Klik Continue

 

7. Terdapat lisensi dan aturan penggunaan, untuk memulai menginstal anda harus setuju dengan aturannya, pilih “I have read and agree the Terms and Conditions as stated above” , Klik Continue.

 

8. Halaman selanjutnya adalah halaman pengecheck-an, apabila semua komponen beres akan tercentang warna hijau, Klik Install.

9. Muncul form database

 

Isikan sesuai dengan username dan password database yang telah anda buat di MySQL database. Klik Save database.

10. Halaman selanjutnya adalah proses Zencart membuat table yang dibutuhan :

 

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

11. Sistem Setup selesai, selanjutnya adalah setting Zenart. Untuk Pembahasan setting konfigurasi toko online menggunaan Zen Cart akan saya jelaskan pada artikel berikutnya ya. Yang sabar ya dan tetap ikuti tutorial ini!

 

Posted in Belajar CMS • Tags: , Top Of Page