Belajar: Membuat Toko Online dengan Openchart

By Adhi P. - Last updated: Thursday, January 8, 2015 - Save & Share - Comments

banner438kursus Belajar: Membuat Toko Online dengan Openchart

Openchart adalah salah satu CMS untuk toko online yang gratis. Dengan Openchart memungkinkan anda membangun toko online yang handal. Dengan interface yang user friendly memudahkan pemiliknya untuk luanching toko online meskipun baru pertama kali menggunakannya.

 

Okey langsung saja kita akan bahas cara instalasi toko online menggunakan Openchart, sebagai berikut :

 

1. Download dan Unzip Openchart Archive

Versi terbaru dari openchart bisa di download di http://www.opencart.com/index.php?route=download/download/ . Halaman download tersebut juga menyediakan Openchart versi sebelumnya. Klik link Download dibawah kolom sesuai dengan keinginan anda, mau download versei terbaru atau versi sebelumnya. Setelah selesai download, extract filenya.

 

2. Upload Openchart.

Kami merekomendasikan untuk menggunakan Ftp Filezilla. Apabila belum mempunyai filezilla anda bisa download di http://filezilla-project.org/ dan menginstalnya di komputer anda. Setelah terinstal buka filezilla, dan upload filenya. Cara uploadnya sama seperti upload prestashop.

 

3. Membuat Databse

Langkah selanjutnya adalah membuat database di MySQL untuk Openchart. Login di cpanel hosting, buka MySQL Database dan buatlah database name, dilengkapi dengan username dan password kemudian klik “create”.

 

4. Instal Openchart.

Database baru sudah dibuat, sekarang kita bisa instal Openchart langsung dari website kita. Buka browser dan ketikkan alamat domain dimana anda mengupload Openchart. Jika semua folder terupload dengan lengkap, browser langsung mengarah pada halaman instalasi seperti gambar dibawah ini :

 

 

 

Ikuti langkah – langkah instalasinya seperti berikut ini :

 

Langkah 1 : Anda bisa membaca lisensi dan peraturannya untuk menggunakan Openchart, jika setuju centang “I Agree The licence” kemudian klik Continue.

 

Langkah 2 : Pengechek-an, untuk melihat apakah webserver kita layak untuk diinstal Openchart. Liat gambar di bawah ini :

 

 

– Jika statusnya no 1 dan 2 bertanda merah, anda harus memastikan bahwa semua komponen yang dibutuhkan harus terinstal di web server. Anda harus kontak layanan hostingnya untuk bisa menginstalkan PHP yang sesuai.

– Jika no 3 dan no 4 bertanda merah, bisa jadi ada kesalahan pada proses uploadnya, ulangi upload sampai semua file terupload dengan lengkap. Jika semuanya sudah benar, statusnya akan bertanda hijau. Anda bisa klik “COntinue”

 

Langkah 3 : Konfigurasi

 

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

Pada langkah ini anda harus mengisi detail dari database connection, isi username, password dan databasename sama dengan yang anda buat pada saat Create database di MySQL. Dan pada kolom dibaahnya anda harus membuat username dan password untuk akses administrator OpenCart. Klik “Continue” untuk melanjutkan.

 

Langkah 4 : Completing the Installation.

 

Sekarang instalasi lengkap. Anda harus menghapus folder “install” , sebaiknya menghapusnya melalui ftp supaya lebih aman. Selanjutnya anda punya pilihan untuk browse toko online anda atau login ke area admin untuk melanjutnya setting toko online anda.

(sumber gambar : docs.openchart.com)

 

Selamat Mencoba ya!

 

Posted in Belajar CMS • Tags: Top Of Page