Cara Membuat Toko Online dengan Prestashop: Memonitor Katalog dan Mengatur Atribut produk ( bag. 6)

By Adhi P. - Last updated: Wednesday, April 29, 2015 - Save & Share - Comments

banner438kursus Cara Membuat Toko Online dengan Prestashop: Memonitor Katalog dan Mengatur Atribut produk ( bag. 6)

Dalam rangka mengatur catalog di toko online Prestashop anda, monitoring catalog adalah hal yang sangat penting agar semuanya dibawah kendali control anda.

 

Ada 4 section, yaitu :

1.       LIST OF EMPTY CATEGORIES, Memberikan informasi  daftar kategori yang tidak ada produknya / kosong, Anda harus menghapus category yang kosong atau mengisinya dengan produk yang sesuai. Ini mencegah konsumen menemukan kategori kosong pada catalog anda.

2.       LIST OF PRODUCTS WITH ATTRIBUTES BUT WITHOUT AVAILABLE QUANTITIES FOR SALE,  menginformasikan ke anda bahwa ada product yang tidak lagi dijual.

3.       LIST OF PRODUCT WITHOUT ATRIBUTES AND WITHOUT AVAILABLE QUANTITIES FOR SALE,  Sama seperti di atas, menginformasikan ada product yang tidak lagi dijual.

4.       LIST OF DISABLED PRODUCTS, Menginformasikan ke ada bahwa ada product yang disable dan tidak terlihat oleh konsumen,  Enable produknya atau hapus dari catalog.

Monitoring catalog ini harus di check secara berkala/ regularly untuk improve managemen toko online anda.

Mengatur Atribut Produk

Atribut adalah variasi dasar dari produk. Anda hanya bisa membuat variasi dari produk jika paling tidak ada salah satu dari tanda di ubah.  Perbedaan antara attribute dan feature tergantung dari produknya itu sendiri. Misalnya, anda bisa membeli IPOD sesuai dengan atributenya yaitu warna, disk space dll tapi tidak pada featurenya yaitu berat dan ukuran produk.

Untuk konfigurasi atribut, Dari halaman “Product” dibawah menu “Catalog”. Untuk membuat atribut produk, klik “ Add new Attribtute”, akan Nampak seperti gambar berikut ini :

 

Isilah form-nya, penjelasannya adalah sebagai berikut:

–          Name : Isi deskripsi dari  atribut. Isilah dengan singkat namun jelas.

–          Public Name,: Nama atribut, yang akan ditunjukkan pada pelanggan dalam halaman product. Beberapa atribut mungkin mempunyai nama yang sama dalam tiap variasi, pada field ini memungkinkan anda untuk anda untuk memperkenalkan dengan tepat dalam hubungan produk.

–          Attribute type : memungkinan anda untuk memilih halaman produk mana saja yang harus ditampilkan pada attribute ini dengan  drop down list, tombol radio list atau warna.

–          URL : Secara default prestashop menggunakan public name untuk url namenya

–          Meta title : secara default prestashop menggunakan publick name.

–          Indexable : Pilih Yes untuk mesin pencari mengindex toko online anda.

 

Simpan atribut baru untuk kembali ke daftar attribute, dan mulai membuat Value baru. Untuk membuat value caranya adalah :

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

–          Click “Add New” , dan akan muncul seperti gambar dibawa ini :

 

 

 

 

Isilah formnya :

–          Attribute group : Pilih salah satu dari drop down list.

–          Value : Berikan valuenya untuk attribute

–          Color : Jika attribute anda adalah warna, anda bisa memasukkan kodel html warna seperti : #79952 atau “Lightblue”atau gunakan color picker yang sudah disediakan prestashop.

–          Texture : Jika produk anda tidak menggunakan warna solid, tapi bertekstur. Anda bisa upload gambar kecil yang akan terdisplay di halaman produk.

Anda juga bisa menggunakan pilihan ini, untuk memungkinkan pelanggan memilih variasi warna

Setelah semua di set, anda bisa “save” atau jika ingin membuat value lain klik “save then add another value”. Selamat mencoba!

Posted in Belajar CMS • Tags: , Top Of Page