Cara Membuat Toko Online dengan Prestashop: Mengatur Kategori Di Prestashop ( bag 5)

By Adhi P. - Last updated: Sunday, April 19, 2015 - Save & Share - Comments

banner438kursus Cara Membuat Toko Online dengan Prestashop: Mengatur Kategori Di Prestashop ( bag 5)

Kategori berhubungan dengan produk, sehingga mengatur kategori juga merupakan salah satu hal penting saat membuat toko online.  Dengan adanya kategori memudahkan konsumen untuk menemukan produk yang diinginkan.

Untuk mengatur kategori, buka halaman “categories” pada menu “catalog” , akan terlihat table dengan  categories dari default prestashop. Untuk display sub categories , klik pada parent categories dan pilih “view”

 

Untuk membuat kategori baru ( atau sub kategori ), klik tombol “Add New”  untuk semua level kategori.

 

Perhatikan penjelasannya dibawah ini :

1.       Name , Berikan nama pada kategori. Pastikan nama kategorinya singkat dan deskriptive.

2.       Displayed, Kita bisa menentukan ditampilkan dan tidaknya Kategori kita pada website.

3.       Parent category, Pada kolom ini, kita akan menentukan dimana letak default dari kategori yang kita buat. Jika pada kolom ini masih berada dalam Home. Berarti kategori yang kita buat akan menjadi kategori utama yang nampil di website. Dan jika kolom ini berisi kategori didalamnya, berarti kategori kita akan masuk kedalam kategori tersebut.

4.       Description,  Isilah kolom descrtiption ini dengan keterangan yang singkat namun jelas.

5.       Image, Jika anda menginginkan kategori ini ada gambarnya, upload file gambar yang ingin dijadikan cover category.  Jika tidak, lewati / skip saja.

6.       Meta title, Isi  kolom ini dengan judul meta yang ingin ditampilkan di browser.  (meta title), jika anda ingin lebih mudah dan praktis. Isi saja kolom ini sama dengan keterangan yang anda masukkan diatasnya.

7.       Meta description, Isikan beberapa baris atau isikan sama dengan meta title, meta description ini akan terlihat pada hasil pencarian.

8.       Meta keywoard, masukkan tag keywoard yang mempresentasikan website anda.

9.       Friendly url, memungkinkan anda untuk menuli alamat url kategori seperti yang anda inginkan. Seperti contoh : dari  http://www.example.com/category.php?id_category=3 menjadi http://www.example.com/123-name-of-the-category

10.   Group Access , Secara default, pilihan tersebut sudah ditetapkan, sehingga semua pengunjung ke toko Anda akan memiliki akses ke kategori baru. Dari pilihan ini, Anda dapat membatasi akses ke kategori untuk kelompok tertentu dari pelanggan. Untuk melakukan hal ini pertama-tama Anda harus membuat kelompok sendiri.

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

 

Nah, setelah semua diisi, klik “save” dan lanjutkan dengan mengisi produk – produk anda sesuai dengan kategori yang anda buat. Selamat mencoba ya!

Posted in Belajar CMS • Tags: , , Top Of Page