Next:

Costumize Opencart bag 1

By Adhi P. - Last updated: Wednesday, January 11, 2017 - Save & Share - Comments

banner438kursus Costumize Opencart bag 1

Yay.. sekarang saatnya mendalami seluk beluk opencart.  Pasti anda sudah belajar cara install opencart kan? Kalau belum, anda bisa membaca artikel sebelumnya di sini (link-nya : http://prothelon.com/belajar/belajar-cms/belajar-membuat-toko-online-dengan-openchart)

Sekarang saya akan jelaskan Admin interface pada opencart. Seperti pada software e commerce lainnya, sisi Admin Opencart adalah tempat dimana anda bisa modifikasi, upload gambar, menambah produk, mengatur konsumen, mengatur pembayaran dan lain – lain.

Untuk mengakses admin panel, tuliskan pada browser url tokoonlineanda.com/admin . Seperti contoh apabila toko online anda beralamat di www.chocoshop.com maka admin panel anda adalah www.chocoshop.cpm/admin .

 

Untuk login masukkan username dan password yang sudah dibuat pada saat instalasi Opencart, klik tombol login dan langsung menuju dashboard opencart. Ketika pertama kali anda login ke opencart, dashboard blank, karena belum ada data statistic yang harus dianalisa.

 

Pada dashboard Opencart, pertama kali anda akan melihat admin opencart. Fungsi utama dari dashboard ini adalah memberikan overview dari toko online. Ada 3 section dari dashboard yang dapat menolong anda untuk mengerti data statistic dari ol shop :

·         Overview :  Opencart menghitung numerical nilai dari “total penjualan” , “total penjualan tahun ini” , “ total order” “No. of Customers” , “Customer awaiting approval / daftar tunggu” , “Review Awaiting Aproval” , “ No. of Affiliates”  , “Affiliates Awaiting Aproval” , sebagai pengingat anda untuk approvals dan penjualan tetap stabil.

·         Statistics :  Sebuah Grafik yang menyediakan track progess dari toko online berhubungan dengan banyaknya order dan pelanggan setiap waktunya. “X” adalah waktu :  bisa jam, hari maupun bulan tergantung dari pilihan rata-ratanya. “Y” menunjukkan jumlah total order ( kuning) dan total konsumen ( biru).

·         Latest 10 order :  Sebuah daftar yang memperlihatkan 10 order secara detail (“Order ID”, “Customer”, “Status”, “Date Added”, “Total”, and “Action”).

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

Pada dashboard paling atas, ada beberapa menu, yaitu Catalog, Extensions, Sales, System, Reports, dan Help. Pada sesi selanjutny akan saya jelaskan lebih detail satu persatu. Jangan lewatkan ya!

Next:
Posted in Belajar CMS • Tags: , Top Of Page