Section Catalog : Pengaturan Kategori Produk Pada Opencart (bag 2)

By Adhi P. - Last updated: Thursday, January 26, 2017 - Save & Share - Comments

banner438kursus Section Catalog : Pengaturan Kategori Produk Pada Opencart  (bag 2)

Catalog digunakan untuk mengatur produk yang akan anda jual di store online. Pada section catalog ada beberapa sub section yaitu Product, Category, Filter, Profiles, Atributes, Options, Manufacturers, Downloads, Reviews dan Information.

Pengaturan catalog merupakan hal yang sangat penting, karena ini berhubungan dengan produk yang akan ditampilkan di Front Store / halaman muka toko online. Ada 2 faktor yang harus  diperhatikan pada penyusunan catalog, yaitu Produk dan Kategori.

Pada default theme, List kategori berada pada Top Menu sedangkan produk berada pada menu sebelah kiri. Navigasi ini digunakan untuk meng-guide konsumen pencarian produk berkategori sama. Pada penyusunan catalog ini, disarankan untuk menyusun kategori terlebih dahulu sebelum menambahan produk.

Ketika menambahkan produk tanpa disertai kategori produk, produk tidak akan terdisplay pada kategori manapun. Halaman produk hanya dapat di akses apabila konsumen menuliskan nama produk, product tag pada search box, atau visit produk melalui halaman manufacture. Jika anda menginginkan produk ini lebih terlihat oleh konsumen pada store front, kami sarankan untuk membuat kategori produk.

Untuk mengakses halaman kategori pada admin / back end, arahkan mouse pada tombol “Catalog” klik pada “Category” .  Pada saat pertama kali menyetting akan terlihat kategori name produk seperti dibawah ini :

 

Kategori diatas adalah default produk yang disediakan pada saat kita install Opencart. Anda bisa menghapusnya. Check pada box, lalu klik Delete.  Sedangkan untuk menambahkan kli Insert, anda langsung diarahkan pada halaman category’s information. Ada 3 tabs yaitu “General”,  “Data”  dan “Design” .

–          Tab General

Pada tab General menanyaan informasi dasar dari kategeori produk, yaitu :

·         Category Name : Nama Kategori

·         Meta Tag Description : Kesimpulan dari kategori yang mendeskripsikan kategori pada mesin pencari.

·         Meta Tag Keywords : Kata kunci untuk mempermudah pencarian pada mesin pencari (SEO)

·         Description : Deskirpsi kategori produk, bisa dilihat konsumen pada store front.

 

–          Tab Data

Yang harus diisi pada tab Data adalah :

·         Parent Category : Pengaturan struktur kategori, dengan parent category selalu diatas. Pada list kategori, akan terdisplay “Parent Category > Sub-Category” Jika tidak, maka merupakan parent category.

·         Filters : (abaikan dulu, akan dijelaskan pada section Filter)

·         Stores : Jika anda mengatur lebih dari 1 online shop dengan opencart, pada saat membuat kategori anda memilih toko mana yg add category tersebut. Jika hanya punya 1 toko, maka check “Default”

·         SEO keyword : Keyword yang akan dimasukkan pada mesin pencari,

·         Image : Pilih gambar utama dari product page. Pilih pada Image manager untuk bisa upload atau menggunakan gambar yang sudah tersedia.

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

·         Top :  Check / centang, maka kategori tersebut akan berada pada top menu ditiap halaman.

·         Columns : isikan angka yang akan mengatur berapa banyak sub kategori yang akan terdisplay ketika memilih “parent category”

·         Sort Order : sort order ini menentukan posisi category pada menu. Sort order 1 akan terdisplay sebelum sort order 2, 3 dan seterusnya

·         Status : Pilih “enabled” sehingga kategori bisa terpublish pada store front.

 

–          Tab Design

Design terdiri dari keseluruhan layout. Pada fitur ini, anda bisa memilih layout, seperti pada halaman “ Account” anda bisa memasukkan pada halaman kategori. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang design ini anda akan saya jelaskan saat membahas tentang “Modules”

Setelah mengatur semua tab baik General, Data dan Design anda bisa klik “Save”. Kategori sudah dibuat, langkah selanjutnya adalah menambah Produk.

Posted in Belajar CMS • Tags: , , Top Of Page