Prev:

Belajar CSS Online

By Adhi P. - Last updated: Friday, December 30, 2011 - Save & Share - Comments

banner438kursus Belajar CSS Online

Belajar CSS itu sulit nggak sih? Banyak pengunjung prothelon yang menanyakan tentang tutorial belajar CSS ini. Untuk apa sebenarnya kita belajar CSS? mari kita bahas bersama.

Bagi anda yang ingin berkecimpung dalam bisnis online tidak ada salahnya untuk mulai belajar membuat web sendiri, paling tidak bisa mengutak atik atau mengedit template hasil download menjadi template yang sesuai keinginan kita. Caranya dengan mulai belajar css (Cascading Style Sheet).

Disini kami menyediakan tutorial cara belajar CSS lengkap yang akan membantu anda untuk mengelola tampilan web anda. Tapi perlu digaris bawahi, sebelum melangkah untuk belajar CSS, anda harus sudah memahami pengertian tentang elemen HTML dan tag HTML. Saya sarankan Anda untuk belajar HTML terlebih dahulu menggunakan tutorial-tutorial HTML ini sebelum melanjutkan ke tutorial belajar CSS ini.

Jadi, secara singkat, CSS akan membantu kita untuk membuat website kita yang berbasis HTML menjadi lebih baik.

Baiklah untuk memulai materi pengenalan css terlebih dahulu saya akan menjelaskan tentang arti dari CSS. CSS adalah suatu teknologi yang digunakan untuk memperindah tampilan halaman website (situs). Singkatnya dengan menggunakan Methode CSS ini anda dengan mudah mengubah secara keseluruhan sekaligus memformat ulang situs anda.

CSS mempunyai 2 bagian utama yaitu selectors dan deklarasi. Yang dimaksud selectors biasanya element html yang ingin anda ubah, sedangkan deklarasi biasanya terdiri dari property dan nilai, properti sendiri adalah atribut style yang ingin anda ubah, dan setiap properti memiliki nilai. Untuk lebih jelasnya kita lihat contoh dibawah ini :

Setiap syntax css selalu diakhiri dengan titik koma, dan kelompok deklarasi dikelilingi oleh kurung kurawal {}


p {color:red;text-align:center;}

Untuk membuat css mudah dibaca, anda bisa menempatkan deklarasi pada satu baris seperti ini :


p {color:red;text-align:center;}

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

Selanjutnya adalah membuat komentar dalam CSS (CSS comment), comment digunakan untuk menjelaskan kode anda dan membantu ketika mengedit script. Namun, comment akan diabaikan oleh browser jadi kita harus menyembunyikannya. Coment ditandai dengan “/*” dan diakhiri dengan “*/”, perhatikan contoh pengaplikasian comment dibawah :

/*Ini adalah comment*/


p

{

text-align:center;

/*Ini adalah comment*/

color:black;

font-family:arial;

}

Bagaimana? Mudah dimengerti bukan? Okey, sebagai pengenalan belajar css saya rasa cukup. Selanjutnya Kita akan ke materi belajar css lain yaitu CSS Id dan Class

 

Prev:
Posted in Belajar CSS • Tags: , Top Of Page