Tutorial Belajar HTML 2 – Elemen HTML

By Adhi P. - Last updated: Thursday, October 13, 2011 - Save & Share - Comments

banner438kursus Tutorial Belajar HTML 2   Elemen HTML

Elemen HTML, apa tuh? Nah, dalam Belajar HTML yang lalu, kamu udah nyoba membuat halaman HTML pertama kamu dan mengerti cara bikinnya. Berikutnya kamu harus belajar elemen HTML dan cara menuliskannya. Kamu akan memerlukan definisi dasar ini dalam proses belajar HTML yang kamu lakukan sepanjang tutorial di sini. Berikut petunjuk pentingnya.

Ingat petunjuk penting ini:

Dokumen HTML adalah file teks yang terdiri dari elemen HTML. Nah, elemen HTML itu didefinisikan menggunakan apa yang disebut dengan tag HTML.

Ingat, elemen HTML didefinisikan dengan tag HTML. Apa yang dimaksud dengan tag HTML? Nah, berikut poin-poin yang akan membantu kamu mengingat dan memahami pengertian Tag HTML:

Elemen HTML

Ingat contoh HTML di tutorial sebelumnya kan:


<html>
<head>
<title>Judul Halaman</title>
</head>
<body>
Ini halaman pertama saya. <b>Teks ini ditebalkan</b>
</body>
</html>

Ini adalah elemen HTML:


<b>Teks ini ditebalkan</b>

Berikut penjelasan tentang Elemen HTML tersebut:

Fungsi tag <b> adalah untuk mendefinisikan sebuah elemen HTML yang harus ditampilkan dengan huruf tebal.

Nah, ini juga elemen HTML:


<body>
Ini adalah halaman pertama saya. <b>Teks ini ditebalkan</b>
</body>

Elemen HTML ini dimulai dengan tag pembuka <body>, dan berakhir dengan tag penutup </body>

Fungsi dari tag <body> adalah untuk mendefiniskkan elemen HTML yang berisi badan (isi) dari dokumen HTML.

Mengapa kita menggunakan tag dalam huruf kecil?

Kita sudah membahas sebelumnya bahwa tag HTML tidak case sensitif: <B> memiliki arti yang sama dengan <b>.  Kalau kamu lagi surfing web, kamu akan melihat bahwa banyak situs web menggunakan tag HTML dalam huruf besar dalam source codenya. Tapi dalam contoh di atas, kita menggunakan huruf kecil. Tahu kenapa?

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

Kalau kamu mengikuti standar web terbaru, kamu harus selalu menggunakan tag dalam huruf besar. World Wide Web Consortium (W3C) merekomendasikan penggunaan huruf kecil dalam rekomendasi HTML 4 mereka, dan XHTML (generasi berikutnya dari HTML) memerlukan tag dalam huruf kecil.

Ok, kamu baru aja belajar tentang elemen HTML. Dan mustinya saat ini kamu udah mulai terbiasa dengan istilah tag. Kalau belum biasakan diri kamu dengan istilah ini, karena dalam proses belajar HTML, kamu kudu familiar dengan kata tag. Lha wong HTML itu ya tag-tag itu ko.

Berikutnya, kita akan membahas tentang dasar HTML terutama beberapa Tag HTML yang menarik untuk mengubah tampilan paragraf, judul, dll. Oh ya, sekedar mengingatkan, kalau kamu belum sempat melihat, silakan cek dulu tutorial HTML apa saja yang ada di prothelon.com ini.

Posted in Tutorial Belajar HTML • Tags: , , , Top Of Page