Tutorial Belajar HTML 3 – Tag HTML Dasar yang Penting

By Adhi P. - Last updated: Thursday, October 13, 2011 - Save & Share - Comments

banner438kursus Tutorial Belajar HTML 3   Tag HTML Dasar yang Penting

Tag HTML yang paling penting adalah tag-tag HTML yang mendefinisikan judul, paragraf dan ganti baris. Agar lebih mudah memahami tutorial dasar HTML tentang tag ini, saya sarankan untuk membaca tutorial tentang elemen HTML ini terlebih dahulu.

Seperti umumnya bahasa pemrograman lainnya, maka cara terbaik untuk mempelajari tag HTML adalah dengan banyak berlatih. Latihan tentu saja memerlukan alat bantu. Nah, pada dasarnya kamu bisa bikin file HTML menggunakan notepad, tapi tentu saja banyak software untuk menulis dengan berbagai fasilitas yang akan memudahkan. Googling aja atau cari di download.com dengan kata kunci HTML Editor.

Judul

Judul didefinisikan dengan menggunakan tag HTML <h1> sampai >h6>. <h1> mendefinisikan huruf judul yang paling besar, dan <h6> yang terkecil. Untuk latihan coba kamu bikin file HTML berikut ini dan perhatikan hasilnya.

<h1>Ini Judul</h1>
<h2>Ini Judul</h2>
<h3>Ini Judul</h3>
<h4>Ini Judul</h4>
<h5>Ini Judul</h5>
<h6>Ini Judul</h6>

HTML secara otomatis akan menambahkan baris kosong sebelum dan sesudah judul.

Paragraf

Paragraf didefinisikan dengan menggunakan tag HTML <p>.

<p>Ini adalah sebuah paragraf</p>
<p>Ini paragraf lainnya</p>

Sama seperti judul, HTML secara otomatis akan menambahkan baris kosong sebelum dan sesudah paragraf.

Jangan lupa Tag HTML penutup

Kamu pastinya udah pernah ngeliat bahwa paragraf dapat ditulis tanpa tag HTML penutup </p> kayak gini:


<p>Ini adalah sebuah paragraf
<p>Ini paragraf lain

Contoh barusan dapat digunakan pada hampir semua jenis browser, tapi jangan ngandelin hal itu. Versi-versi HTML ke depan kayaknya ndak akan ngijinin kamu untuk melewatkan tag HTML penutup.

Menutup semua elemen HTML dengan tag HTML penutup adalah cara yang ampuh untuk menulis HTML yang kompatibel dengan semua browser dan pengembangan ke depan. Hal ini juga membuat kode kita lebih mudah dimengerti (baik dibaca maupun di browse).

Ganti Baris

Tag HTML <br> digunakan pada saat kamu pengen membuat baris baru, tapi belum ingin ganti paragraf. Tag HTML <br> akan membuatkan sebuah baris baru buat kamu dimanapun kamu letakkan tag itu.

<p>Ini <br> adalah sebuah pa<br>ragaraf dengan ganti baris </p>
Tag <br> adalah tag yang kosong. Nah, karena itu dia tidak punya tag HTML penutup seperti misalnya </br>, karena jadi ndak masuk akal. Ya tho?

<br> atau <br />

Kamu akan makin sering melihat penulisan tag HTML <br> dengan cara begini: <br />

Karena tag HTML <br> tidak memiliki tag penutup, maka tag tersebut melanggar salah satu aturan dasar dalam penulisan HTML ke depannya (XHTML yang berbasis XML), di mana semua elemen harus ditutup.

Menuliskan penggantian baris dengan cara <br/> ini menjamin bahwa file HTML kamu akan kompatibel dengan XML maupun cara penulisan HTML di masa datang.

Menuliskan Komentar dalam HTML

Tag komentar digunakan untuk menyisipkan sebuah komentar dalam kode sumber HTML. Sebuah komentas akan diabaikan oleh browser. Kamu bisa menggunakan komentar untuk menjelaskan kode yang kamu bikin, dan tentu saja hal ini akan membantu kamu saat kamu perlu melakukan perubahan pada kode kamu kapan-kapan.

<!-- Ini adalah sebuah komentar -->

Perhatikan bahwa kamu perlu menuliskan tanda seru setelah kurung buka, tetapi tidak sebelum kurung tutupnya.

 

Ingat hal-hal berikut!

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

Beberapa Tips Yang Bermanfaat

Waktu kamu menulis teks HTML, maka kamu tidak akan pernah bisa yakin bagaimana teks itu ditampilkan oleh browser lain. Beberapa orang memiliki monitor yang lebih besar, dan yang lainnya. Teks akan diatur ulang setiap kali pengunjung mengubah ukuran windownya. Jangan pernah mencoba untuk membantuk teks yang memiliki baris kosong atau spasi dekat dengan teks itu.

HTML akan menghapus spasi dalam teks kamu. Berapa banyakpun kamu tuliskan spasi, tetap akan dihitung satu. Satu lagi, dalam HTML sebuah baris baru dihitung sebagai satu spasi.

Menggunakan paragraf kosong <p> untuk menyisipkan baris kosong adalah kebiasaan yang kurang baik. Gunakan tag <br> sebagai penggantinya. (tapi jangan juga gunakan tag <br> untuk membuat daftar. Tunggu sampai pelajaran tentang daftar dimulai ya).

HTML secara otomatis akan menambah baris kosong sebelum dan sesudah beberapa elemen, seperti sebelum dan sesudah paragraf dan judul.

Tag HTML Dasar

Masih ingat kan tentang pengertian tag HTML? Nah, berikut adalah tag-tag HTML penting yang akan sangat sering kamu pakai. Dan kamu akan mempelajari masing-masing secara lebih detil terutama yang menyangkut atributnya.

Tag – Description

<html> – Mendefinsikan sebuah dokumen HTML

<body> – Mendefinisikan isi utama

<h1> to <h6> – Mendefinisikan judul 1 sampai 6

<p> – Mendefinisikan paragraf

<br> – Menyisipkan sebuah baris

<hr> – Mendefinisikan garis horisontal

<!–> – Bikin komentar

Asik kan? Ini belum seberapa, tunggu sampai kamu udah bisa bikin tabel, huruf berwarna dan masih banyak lagi variasi tampilan yang bisa digunakan untuk mempercantik halaman web kamu.

About the author

 Tutorial Belajar HTML 3   Tag HTML Dasar yang Penting Adhi Prasetio mulai menggeluti pembuatan website sejak tahun 2001. Di samping kesibukannya sebagai pengajar dan pembicara dengan topik e-commerce, penulis juga telah bertahun-tahun aktif menulis di internet. Sebagian besar tulisannya ditujukan untuk berbagi pengalaman dan membantu para pemula dalam mempelajari cara membuat website dan internet marketing. Penulis yang juga dikenal sebagai Prothelord, merupakan pengelola sekaligus kontributor utama websitehttp://prothelon.com yang merupakan salah satu website populer untuk belajar membuat website. Buku yang sudah diterbitkan antara lain Cara Mudah Membuat Desain web untuk Pemula, Tip & Trik Menjadi Master PHP, Buku Pintar Pemrograman Web dan Smart Guide Jualan Online. Anda bisa melihat profilnya di Google+

Posted in Tutorial Belajar HTML • Tags: , , , Top Of Page