Belajar HTML5: Tag tbody, tag tbody, tag time

By Adhi P. - Last updated: Saturday, September 20, 2014 - Save & Share - Comments

banner438kursus Belajar HTML5: Tag tbody, tag tbody, tag time

Tag <tbody> digunakan untuk mengelompokkan body content dalam tabel HTML. <tbody> digunakan bersama dengan unsur-unsur <thead> dan <tfoot> untuk menentukan setiap bagian dari sebuah tabel (tubuh, header, footer). Browser dapat menggunakan elemen-elemen untuk mengaktifkan scrolling dari body table secara independen dari header dan footer. ketika mencetak sebuah table besar yang mencakup beberapa halaman, elemen-elemen ini dapat mengaktifkan header tabel dan footer yang akan dicetak di bagian atas dan bawah setiap halaman.

Lebih jelasnya Tag <tbody> harus digunakan dalam konteks berikut: Sebagai anak dari elemen table, setelah setiap <caption>, <colgroup>, dan elemen <thead>. Okey, sekarang perhatikan contoh kode dibawah ini :

<!DOCTYPE html>

<html>

<body>

<table border=”1″>

<thead>

<tr>

<th>Month</th>

<th>Savings</th>

</tr>

</thead>

<tfoot>

<tr>

<td>Sum</td>

<td>$180</td>

</tr>

</tfoot>

<tbody>

<tr>

<td>January</td>

<td>$100</td>

</tr>

<tr>

<td>February</td>

<td>$80</td>

</tr>

</tbody>

</table>

</body>

</html>

 

 

Untuk catatan <tbody> harus memiliki satu atau lebih tag <tr> dalam. <thead>, <tbody>, dan elemen <tfoot> tidak akan mempengaruhi tata letak meja secara default. Namun, Anda dapat menggunakan CSS untuk mengatur tata letak table.

 

Tag <textarea> mendefinisikan kontrol text input multi-line. Sebuah area teks dapat menampung jumlah yang tidak terbatas karakter, dan membuat teks dalam font fixed-width (biasanya Kurir). Ukuran area teks dapat ditentukan oleh cols dan atribut baris, atau bahkan lebih baik, melalui properti height dan width. Perbedaan dengan html 4.0.1 adalah HTML5 memiliki beberapa atribut baru: autofocus, bentuk, MaxLength, placeholder, diperlukan, dan bungkus.

Contoh Kode :

<textarea rows=”4″ cols=”50″>

Di prothelon.com kamu bisa belajar PHP, belajar HTML, belajar MySQL dan cara membuat website.

</textarea>

 

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

Tag <time> mendefinisikan baik waktu (24 jam jam), atau tanggal dalam kalender Gregorian, opsional dengan waktu dan zona waktu offset. Elemen ini dapat digunakan sebagai cara untuk mengkodekan tanggal dan waktu dengan cara yang dapat dibaca oleh mesin sehingga, pengguna dapat menawarkan untuk menambahkan pengingat ulang tahun atau kalender event ke kalender pengguna, dan mesin pencari dapat menghasilkan hasil yang lebih cerdas.

Contoh Kode :

<!DOCTYPE html>

<html>

<body>

<p>Kami buka pada pukul <time>09:00</time> tiap hari.</p>

<p>Saya berulang tahun pada <time datetime=”2008-01-01″>Tahun baru</time>.</p>

</body>

</html>

 

Okey, masih ada 1 kali artikel untuk pembelajaran tag di html5. Tetap setia pantau prothelon.com ya!

 

Posted in Belajar HTML5 • Tags: Top Of Page