Belajar Pentingnya HTML5 dan Perbedaan dengan HTML4

By Adhi P. - Last updated: Sunday, May 12, 2013 - Save & Share - Comments

banner438kursus Belajar Pentingnya HTML5 dan Perbedaan dengan HTML4

Dalam tulisan kali ini,  kita akan membahas 2 hal, yaitu mengapa kita perlu HTML5 dan apa saja perbedaannya dengan HTML4.

 

Mungkin sebagian dari kita punya pertanyaan dalam hati, buat apa sih ada HTML5? Bukankah dengan HTML4 sudah bisa bikin web?

 

Tim Berners-Lee membuat versi pertama HTML yang kemudian terus dikembangkan di awal tahun 90 an.Salah satu kelebihan HTML temuan Berners Lee adalah adanya hyperlink. Hyperlink ini membuat dokumen bisa saling terhubung via internet.

 

Namun demikian, HTML mengalami banyak perubahan, dan dalam kurun waktu 1989-1997 mengalami 4 kali perubahan besar mjd HTML4. Apa yg dibuat Berners-Lee di tahap awal sudah berbeda dg HTML versi 4 tsb. Misalnya, Lee tdk memperhatikan masalah desain.

 

Sejak 1997 sampai sekarang, tidak ada perubahan versi HTML lagi. DI sisi lain, tantangan layanan web saat ini sdh jauh berbeda. Contoh kebutuhan yang berbeda adalah interaktivitas, dan layanan multimedia. Dg berkembangnya Web 2.0, layanan web hrs mudah dipakai. Coba pikirkan, kenapa layanan web 2.0 saat ini seperti FB dan Twitter berkembang pesat? Krn selain bisa mensimulasikan kehidupan sosial sehari-hari melalui internet, orang juga mudah menggunakannya. Shg siapapun dia walaupun tanpa latar blk tech geek bisa pakai.

 

Mudah dipakai, interaktif. 2 hal itu membuat layanan web bisa berkembang dengan cepat menjangkau seluruh lapisan masyarakat.Lha? Bukannya web yang ada sekarang sudah bisa interaktif dg menggunakan javascript.

 

Yes, tapi dg HTML5, kita bisa bikin dg lbh simpel.Misalnya kita pengen bikin form entry data yang bisa melakukan pengecekan format alamat email. Itu bisa kita lakukan dg javascript.Tapi dengan HTML5, itu bisa kita lakukan dg lebih sederhana, krn HTML5 menyediakan berbagai jenis field input tmsk email.Dg jenis field tsb, kita g usah bikin javascript panjang untuk mengecek format alamat email. Cukup deklare jenis input sbg email.

 

Untuk memahami pentingnya HTML5, kita perlu mengetahui apa saja perubahan yg ada antara HTML4 dg HTML5 kan? Yuk kita lihat.Secara umum, kita bisa kelompokkan perubahan yang dibawa HTML5 ke dalam 5 kategori:

 

Struktur halaman artinya bahwa struktur halaman web HTML5 lebih mudah dipahami secara semantik oleh search engine.Misalnya, search engine bisa mengetahui mana bagian header, artikel, navigasi, bahkan nilai uang dlm sebuah halaman web.Dg cara ini, kita dan search engine bisa lebih mudah mengelompokkan informasi dari berbagai website secara terstruktur.Itu artinya HTML5 sudah mendukung semantic web.

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

 

Presentasi visual ditingkatkan dengan CSS3. CSS3 membawa perubahan pada pengelolaan font, animasi dan mobile :)Untuk urusan grafis, HTML5 memungkinkan kita membuat gambar langsung dalam format SVG maupun CANVAS. HTML4 hanya gambar berbasis pixel seperti JPEG dan GIFF.Support untuk rich media ditunjukkan HTML5 dengan munculnya tag video dan audio yg bisa mensupport beragam format. tanpa perlu Flash icon smile Belajar Pentingnya HTML5 dan Perbedaan dengan HTML4 Terakhir peningkatan support javascript. Ada beberapa fitur menarik yg muncul pada HTML5 seperti localstorage dan geolocation.

 

Ok, materi tentang HTML5 saya cukupkan segini dulu ya. Mudah-mudahan bermanfaat. #prothelonkultwit

Posted in Belajar HTML5 • Tags: Top Of Page