Prev:

Belajar Javascript

By Adhi P. - Last updated: Saturday, March 10, 2012 - Save & Share - Comments

banner438kursus Belajar Javascript

Belajar javascipt yuk, mudah kok saya akan coba bantu dengan tutorial Javascript yang ada di sini. Apalagi bagi anda yang sudah mengetahui dasar-dasar html dan css yang telah dipelajari dalam materi lalu, pasti anda ingin web yang anda buat lebih dinamis dan atraktif.

Nah, kalau kamu belajar javascript, maka hal itu akan sangat membantu membangun sebuah web yang keren dan fungsional. Bahasa pemrograman javascript digunakan lebih dari berjuta-juta website untuk menambah fungsi-fungsi yang dibutuhkan, seperti membuat form, menghubungkan dengan server, membuat kalender, mendeteksi visitor web, memvalidasi data dan lain-lain.

Itulah kenapa belajar javascript itu penting.

Ok, Sebelum belajar javascript lebih jauh, terlebih dahulu saya akan menjelaskan apa itu javascript.

Javascript adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat web lebih dinamis dan interaktif. Javascript terintegrasi langsung dengan html.

Saat belajar Javascript nanti, kamu akan melihat ada beberapa cara untuk menuliskan kode javascript yang ada dalam tutorial javascript ini.

Kode JavaScript biasanya dituliskan dalam bentuk fungsi yang ditaruh di tag <head> yang dibuka dengan tag <script type=”teks/javascript”>.


<script type="teks/javascript">

alert("Halo Dunia!");

<script>

Kode JavaScript juga bisa diletakkan di file tersendiri yang berekstensi .js (singkatan dari JavaScript). Untuk memanggil kode JavaScript yang terdapat di file sendiri, di bagian awal <head> harus ditentukan dahulu nama file .js yang dimaksud menggunakan contoh kode seperti berikut:


<script type="teks/javascript" src="alamat.js">

</script>

Apakah masih ada tempat menuliskan kode yang ada dalam tutorial belajar Javascript ini? Ada, saya akan bahas dalam tutorial belajar Javascript berikutnya.

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

About the author

 Belajar Javascript Adhi Prasetio mulai menggeluti pembuatan website sejak tahun 2001. Di samping kesibukannya sebagai pengajar dan pembicara dengan topik e-commerce, penulis juga telah bertahun-tahun aktif menulis di internet. Sebagian besar tulisannya ditujukan untuk berbagi pengalaman dan membantu para pemula dalam mempelajari cara membuat website dan internet marketing. Penulis yang juga dikenal sebagai Prothelord, merupakan pengelola sekaligus kontributor utama websitehttp://prothelon.com yang merupakan salah satu website populer untuk belajar membuat website. Buku yang sudah diterbitkan antara lain Cara Mudah Membuat Desain web untuk Pemula, Tip & Trik Menjadi Master PHP, Buku Pintar Pemrograman Web dan Smart Guide Jualan Online. Anda bisa melihat profilnya di Google+

Prev:
Posted in Belajar Javascript • Tags: , Top Of Page