Belajar Menggunakan WHERE dalam MySQL

By Adhi P. - Last updated: Saturday, June 23, 2012 - Save & Share - Comments

banner438kursus Belajar Menggunakan WHERE dalam MySQL

Query SELECT dalam MySQL bisa kita buat lebih canggih dengan menambahkan klausul WHERE. Setelah belajar WHERE MySQL ini, kita bisa membuat filter atau menyaring data tertentu yang ingin kita tampilkan dari database MySQL.

Kita bisa menggunakan berbagai macam operator untuk membuat filter dalam hasil pengambilan data yang kita buat menggunakan MySQL. Misalnya saja kita bisa menggunakan operator = untuk mencari data yang persis sama dengan sebuah kriteria.

Mari kita lihat contoh query MySQL berikut ini:


SELECT * FROM data_temanku;

Query ini akan menampilkan semua isi data yang ada dalam tabel data_temanku. Silakan lihat tutorial tentang Belajar  SELECT MySQL ini untuk melihat isi dari tabel MySQL data_temanku.

Nah, sekarang bagaimana jika kita ingin menampilkan data teman yang bernama Prothelord saja dari tabel tersebut. Sangat mudah, kita bisa gunakan query SELECT MySQL dengan menambahkan klausul WHERE dalam query tersebut. Misalnya seperti ini:


SELECT * FROM data_temanku WHERE Nama='Prothelord';

Dengan menambahkan WHERE ini, kita belajar membuat filter. Dengan kata lain, kita minta agar MySQL menampilkan semua kolom dari tabel data_temanku yang kolom Namanya berisi Prothelord.

Gampang kan? Ok, kapan-kapan kita sambung lagi dengan belajar filter lain yang lebih asyik. Selamat belajar MySQL.

 

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.
Posted in Belajar MySQL • Tags: Top Of Page