Cara Setting Error Message PHP menggunakan .htaccess

By Adhi P. - Last updated: Tuesday, November 22, 2011 - Save & Share - Comments

banner438kursus Cara Setting Error Message PHP menggunakan .htaccess

Kalau kamu pernah melakukan pemrograman PHP pasti sudah tidak asing lagi dengan pesan kesalahan (error message) ini: Parse Error. Ya kan?

Nah error message tersebut tentu saja sangat membantu kita untuk melakukan trace/penelusuran letak kesalahan pada kode PHP yang kita buat. Namun demikian, error yang terjadi kadang cukup mengganggu saat diakses oleh visitor dan kadang bisa jadi hint buat hacker yang berniat buruk pada web site kita. Nah, berikut ini ada tips menarik untuk melakukan setting atas error message atau bahkan menghilangkan sama sekali error message yang muncul. Siap? Let’s go!

 

 

Kondisi sebaliknya juga sangat merepotkan. Saat kita menyewa hosting di sebuah server yang secara default menghilangkan error message, maka kita akan kesulitan saat melakukan debugging atas error yang terjadi di kode kita. Kabanyangkan? Pasti akan sulit menemukan error tanpa petunjuk sama sekali, lha wong saat dieksekusi yang muncul cuman layar kosong di browser. Gimana bisa debugging kan?

Nah, setting error message ini bisa dilakukan di file PHP kita dengan menggunakan fungsi error_reporting. Namun bukan itu yang akan saya bahas di sini. Yang akan saya bahas di sini adalah cara memunculkan atau mematikan error message menggunakan file .htaccess.

File .htaccess ini adalah sebuah hidden file yang bisa kita letakkan di setiap direktori yang kita buat. (notes: pembahasan ini hanya untuk pengguna linux ya…hehe).

FIle ini digunakan untuk melakukan setting lokal terhadap direktori tempat dile tersebut berada dan direktori dibawahnya.

Nah, caranya sangat mudah. Bila file tersebut belum ada, buatsaja sebuah file bernama .htaccess dan edit (jangan lupa menambahkan tanda titik didepan nama file itu ya).

Setelah di buka untuk edit, tambahkan saja baris berikut ini:

 

php_flag display_errors on

 

Baris ini untuk memunculkan error PHP, sedangkan untuk mematikan pesan error tentu saja kamu sudah bisa menabak kan? Ya,

 

php_flag display_errors off

 

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

Dah beres, dengan cara itu kamu bisa melakukan setting atas error message yang muncul. Tentu saja sebenarnya PHP memiliki beberapa level untuk melakukan display erro mulai dari tidak ada sampai yang paling lengkap dan ada cara untuk memilih level error yang akan kita munculkan, tapi itu kita bahas lain waktu saja ya.

 

Selain menggunakan .htaccess, kita juga bisa melakukan setting error PHP untuk setiap file/script PHP yang kita buat lho.

 

Posted in Belajar PHP Lanjutan • Tags: , , , Top Of Page