Prev:

Koneksi Database Menggunakan PHP dan MySQL

By Adhi P. - Last updated: Monday, November 21, 2011 - Save & Share - Comments

banner438kursus Koneksi Database Menggunakan PHP dan MySQL

Belajar PHP lanjutan akan kita mulai dengan mempelajari cara koneksi database dari PHP.

 

Pembuatan situs web dinamis biasanya menggunakan database. PHP mensupport beberapa database diantaranya adalah MySQL dan Oracle (support database Oracle untuk Redhat 7 memerlukan kompilasi khusus, klik di sini untuk melihat artikel kompilasi Apache agar support Oracle 9i).

 

Dalam tutorial ini akan ditunjukkan cara koneksi database dengan MySQL dari PHP.

Secara umum langkah perintah-perintahnya adalah sebagai berikut (diasumsikan Web server ada di alamat 192.168.1.2, menggunakan server database dengan alamat 192.168.1.1, user coba, password cobapsw, database prothelon, table tabel1) :


<?

mysql_connect('192.168.1.1','coba'.'cobapsw');

$data_buffer=mysql_query("select * from prothelon.tabel1");

while($data=mysql_fetch_row($data_buffer)){

echo("Ini adalah datanya $data[0], $data[1]");

}

mysql_close();

?>

 

 

NB: Jika bingung dengan angka 192.168.1.1 di atas, itu adalah alamat IP. Lihat penjelasannya di tutorial Penjelasan Alamat IP ini.

 

Harap diperhatikan bahwa sebelum dapat diakses oleh PHP, maka perlu dibuat user sebagaimana contoh dengan perintah MySQL sebagai berikut :


GRANT ALL on prothelon.* to coba@'192.168.1.2' identified by 'cobapsw';

Sangat mudah bukan ?? Pengen belajar sambil praktek? klik di sini.

 

Selamat mencoba..

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

About the author

 Koneksi Database Menggunakan PHP dan MySQL Adhi Prasetio mulai menggeluti pembuatan website sejak tahun 2001. Di samping kesibukannya sebagai pengajar dan pembicara dengan topik e-commerce, penulis juga telah bertahun-tahun aktif menulis di internet. Sebagian besar tulisannya ditujukan untuk berbagi pengalaman dan membantu para pemula dalam mempelajari cara membuat website dan internet marketing. Penulis yang juga dikenal sebagai Prothelord, merupakan pengelola sekaligus kontributor utama websitehttp://prothelon.com yang merupakan salah satu website populer untuk belajar membuat website. Buku yang sudah diterbitkan antara lain Cara Mudah Membuat Desain web untuk Pemula, Tip & Trik Menjadi Master PHP, Buku Pintar Pemrograman Web dan Smart Guide Jualan Online. Anda bisa melihat profilnya di Google+

Prev:
Posted in Belajar PHP Lanjutan • Tags: , , , , , Top Of Page