Next:

Belajar PHP String strpos

By Adhi P. - Last updated: Friday, December 18, 2015 - Save & Share - Comments

banner438kursus Belajar PHP String strpos

Memiliki kemampuan memanipulasi teks atau string merupakan hal yang penting saat belajar PHP. Pada saat melakukan programming, kamu akan sering menjumpai keadaan yang mengharuskan melakukan mnipulasi teks. Contoh yang paling umum terjadi adalah kamu harus menemukan teks tertentu dalam kalimat pada saat melakukan parsing. Kata-kata atau teks yang sudah ditemukan tadi bisa kita manipulasi lebih lanjut atau bisa kita simpan ke database.

Nah, fungsi PHP pertama terkait manipulasi teks atau string yang perlu kamu ketahui adalah strpos. Fungsi PHP ini memungkinkan kamu untuk menemukan teks atau string tertentu dalam sebuah variabel.

Mencari Teks/String dengan strpos

Cara kerja strpos dalam PHP bisa dipahami dengan sederhana sebagai berikut. Fungsi strpos ini akan mengambil teks yang akan ditelusuri sebagai parameter atau argumen pertama dan teks yang akan dicari sebagai parameter kedua. Jika dungsi strpos tersebut berhasil menemukan teks yang cocok, maka fungsi ini akan menghasilkan posisi dari kecocokan pertama yang terjadi. Namun demikian, jika tidak menemukan kecocokan, maka fungsi ini akan mengambalikan nilai false.

Agar lebih jelas, seperti biasa, mari kita lihat contoh kode berikut ini. Potongan kode ini akan berusaha menemukan angka 4 dan memberikan informasi posisi angka 4 tersebut dalam teks yang menjadi sumber pencariannya.

$teksSumber = “1234567890”;

$posisi4= strpos($teksSumber, “4”);
echo “Angka 4 berada pada posisi $posisi4″;

Hasilnya adalah:

Angka 4 berada pada posisi 3

Mudah bukan? Selamat mencoba dan jangan lupa pelajari juga tutorial belajar PHP yang lain di prothelon.com ya icon smile Belajar PHP String strpos

 

 

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.
Next:
Posted in Belajar PHP • Tags: Top Of Page