Persiapan Sebelum Belajar PHP

By Rangga D - Last updated: Monday, November 2, 2015 - Save & Share - Comments

banner438kursus Persiapan Sebelum Belajar PHP

Sebelum belajar PHP, direkomendasikan untuk terlebih dahulu mengenal dan belajar mengenai HTML, akan tetapi jika belum pernah belajar HTML mungkin bisa sambil belajar sambil jalan belajar mengenai PHP pula. Alangkah lebih baiknya untuk menginstall Adobe Dreaweaver atau pun Macromedia Dreamweaver versi yang lama supaya bisa lebih mengenal tentang HTML.

Persiapan Sebelum Belajar PHP Persiapan Sebelum Belajar PHP

Persiapan Sebelum Belajar PHP

Hal Yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Belajar PHP

Ada beberapa tag HTML yang perlu dikuasai sebelum belajar PHP, tag tersebut diantaranya:

<html>

<head>

   <title>Title</title>

</head>

<body>

<h1>Judul</h1>

<p>paragraf paragraf paragraf paragraf paragraf paragraf paragraf paragraf </p>

<p>paragraf <b>tebal</> <i>miring</i> <u>garis bawah</u> paragraf paragraf paragraf paragraf paragraf paragraf </p>

halo<br /> ganti baris

</body>

</html>

Jika sudah mengenal tag yang sudah disebutkan, maka bia langsung belajar PHP dengan menggunakan komputer lokal dan database server. Web Server merupakan sebuah perangkat lunak dalam server yang memiliki fungsi untuk menerima permintaan berupa sebuah halaman website melalui HTTP atau HTTPS dari seorang klien yang telah dikenal dengan menggunakan browser web dan telah mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman yang pada umumnya telah berbentuk dokumen. Sedangkan database server mrupakan sebuah program komputer yang menyediakan layanan pengeloaan basis data dan melaani komputer atau aplikasi basis data.

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

Untuk memudahkan dalam belajar, maka bisa menginstall dengan menggunakan bundle aplikasi webserver apache, PHP dan database server MySQL. Bundle aplikasi yang paling banyak digunakan diantaranya XAMPP, WAMP dan lainnya. Sedangkan untuk melakukan penyuntingan kode PHP bisa menggunakan code editor yang baik meskipun menggunakan notepad pun masih bisa dilakukan tetapi supaya lebih cepat sebaiknya mengguna code editor.

Belajar PHP dengan menggunakan code editor akan menggunakan code sublime text, notepad, php strom atau eclipse. Sublime text merupakan yang paling ringan di mata dan paling sering digunakan, sedangkan notepad paling ringan sera mudah dalam hal pengoperaian dan banyak digunakan untuk penyuntingan singkat. Sedangkan PHP strom adalah code editor yang berbayar tetapi memiliki kemampuan yang handal untuk mengubah code atau menambahkan kode sehingga menghasilkan desain lama website yang semakin indah dan semakin profesional

Posted in Belajar PHP • Tags: , , , Top Of Page