PHP MySQL – Pengetahuan Dasar

By Adhi P. - Last updated: Wednesday, June 11, 2014 - Save & Share - Comments

banner438kursus PHP MySQL   Pengetahuan Dasar

Anda tentu penasaran tentang PHP dan MySQL serta bagaimana hubungan keduanya bukan? Mari kita pelajari bersama hal-hal mendasar yang terkait dengan PHP dan MySQL tersebut dalam tutorial singkat ini. Kita awali dengan PHP.

Apa Sih PHP itu?

Pada prinsipnya, dengan PHP, Anda bisa menghubungi dan melakukan manipulasi terhadap database. Ingat kita tidak bisa melakukan manipulasi database dengan HTML, kita memerlukan PHP untuk bisa membuat halaman website kita terhubung dengan database. Anda bisa mempelajari PHP lebih lanjut di tutorial belajar PHP ini.

Nah, MySQL adalah database yang paling poopuler yang digunakan bersama dengan PHP. Mari kita pelajari lebih lanjut beberapa fakta tentang MySQL.

Apakah yang dimaksud dengan MySQL?

 

Database sangat berguna untuk menyimpan informasi yang memiliki kategori. Berikut ini beberapa contoh tabel yang ada dalam database sebuah perusahaan:

 

Hubungan PHP dan MySQL

PHP dapat dihubungankan dengan MySQL meskipun berada pada platform yang berbeda, misalnya PHP berada pada sistem operasi Windows, sementara MySQL berada di Linux.

Query

Sebuah query dapat kita bayangkan sebagai sebuah pertanyaan atau permintaan. Pertanyaan atau permintaan tersebut ditujukan pada database.

Kita dapat melakukan query terhadap database untuk meminta informasi tertentu dan mendapatkan record sebagai jawabannya.

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

Mari kita lihat query berikut ini yang menggunakan SQL standar:

SELECT Alamat FROM Karyawan;

Query sederhana tersebut akan menampilkan kolom “Alamat” dari tabel Karyawan.

Untuk mempelajari SQL lebih lanjut, silakan klik link tutorial belajar MySQL ini.

 

Posted in Belajar MySQL, Belajar PHP • Tags: , , Top Of Page