Prev:

Belajar SEO (Search Engine Optimization)

By Adhi P. - Last updated: Wednesday, July 23, 2008 - Save & Share - Comments

banner438kursus Belajar SEO (Search Engine Optimization)

Search Engine Optimization (SEO) tutorial yang ditulis prothelon.com ini khusus buat yang baru belajar aja yah. Seperti biasa, tutorial SEO di sini ditulis dengan bahasa yang mudah dicerna. Harapannya adalah kamu bisa belajar SEO dengan mudah dan menyenangkan.

 

Buat kamu yang udah lumayan lama pake internet terutama punya web site sendiri, pastinya pernah denger istilah SEO, kan? SEO memang merupakan salah satu senjata pusaka yang sering digunakan untuk meningkatkan ranking web site kamu di search engine. Lha emang kenapa ko harus meningkatkan ranking web site di search engine? Gini lho….
Kamu tentunya udah belajar macam-macam di prothelon.com, mulai dari Tutorial HTML, Tutorial PHP, Tutorial MySQL dan sebagainya. Dengan pengetahuan itu, kamu bisa membuat sebuah web site statis maupun dinamis sesuai keinginan kamu. Sesudah web site kamu jadi dengan indahnya, kamu pasti bangga dengan hasil karya kamu itu dan merasa bahwa seluruh dunia akan segera melihat web site keren buatan kamu itu. Tapi tunggu dulu. Ada fakta tidak menyenangkan yang harus kamu ketahui sebelum berharap banyak pengunjung akan mendatangi web site kamu itu.
Faktanya adalah bahwa para pengunjung impianmu tidak akan datang sendiri!
Nyebelin kan? Udah bikin susah-susah, ndak ada yang lihat. Cape deh…
Tolong diingat, bahwa jumlah web site dan halamannya di internet itu buanyak buanget. Seumur hidup kamu ndak akan bisa ngedatengin semua satu persatu. Jadi jangan berharap ada keajaiban di mana tiba-tiba web site kamu kebanjiran pengunjung. Tidak ada seorangpun yang tahu tentang web site kamu kecuali kamu kasih tahu. Ini artinya: You have to work for that!
Jadi gimana dong…….
Memiliki web site sendiri memang menyenangkan, tapi kalau web site kita tidak pernah dikunjungi orang lain selain kita, buat apa kan. Nah, cara agar web site kita dikunjungi orang bisa dengan memperbanyak link masuk (bisa lewat blog atau web site lain), atau membuat agar web site kita berada di posisi atas dalam pencarian search engine.
Ingat, walaupun web site kita sudah diindeks oleh search engine, tapai kalau tidak bisa muncul di halaman pertama atau kedua hasil pencarian, maka percuma. Biasanya orang akan berhenti mencari pada halaman kedua kan? Kalau ndak nemu, pasti akan mencoba kata kunci lainnya.
Kalau web site kita sudah diindeks dengan baik, maka pengunjung akan mengalir dari search engine ke web site kita. Itu artinya, web site kita tidak seperti pulau terpencil di tengah lautan lagi. Dan makin banyak pengunjung berarti peluang untuk mendapatkan uang. Betul?
Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.
Nah, cara untuk menempatkan web site kita di hasil pencarian utama search engine inilah yang dinamakan Search Engine Optimization alias SEO alias Optimasi Mesin Pencari. Dengan ilmu ini, maka kita bisa mengusahakan agar web site kita ada di posisi puncak dari mesin pencari, pengunjung berdatangan, trafik mengalir, dan uang berdatangan. Impian kamu terwujud.
Dengan mempelajari SEO, maka kamu udah beranjak dari semula hanya “tukang” membuat web site menjadi “pebisnis”. Kamu mengubah keahlian kamu di bidang pemrograman web menjadi sebuah bisnis yang bukan tidak mungkin akan menjadi sumber penghasilan utama buat kamu. Kamu bisa mengubah web site kamu menjadi mesin uang. Yah, siapa tahu….
Ok, itu aja untuk pendahuluan tutorial SEO kita. Dalam tulisan selanjutnya, kita akan mulai belajar SEO perlahan-lahan dengan beberapa teknik dasar yang berguna. Di mana kamu akan mulai membangun batu bata impian kamu setahap demi setahap menuju sebuah web site yang ramai dan terkenal.
Mudah-mudahan SEO tutorial ini berguna buat kamu yang pengen mulai belajar SEO.

About the author

 Belajar SEO (Search Engine Optimization) Adhi Prasetio mulai menggeluti pembuatan website sejak tahun 2001. Di samping kesibukannya sebagai pengajar dan pembicara dengan topik e-commerce, penulis juga telah bertahun-tahun aktif menulis di internet. Sebagian besar tulisannya ditujukan untuk berbagi pengalaman dan membantu para pemula dalam mempelajari cara membuat website dan internet marketing. Penulis yang juga dikenal sebagai Prothelord, merupakan pengelola sekaligus kontributor utama websitehttp://prothelon.com yang merupakan salah satu website populer untuk belajar membuat website. Buku yang sudah diterbitkan antara lain Cara Mudah Membuat Desain web untuk Pemula, Tip & Trik Menjadi Master PHP, Buku Pintar Pemrograman Web dan Smart Guide Jualan Online. Anda bisa melihat profilnya di Google+

Prev:
Posted in Belajar SEO • Tags: Top Of Page