Broken Link Check

By Adhi P. - Last updated: Tuesday, January 3, 2012 - Save & Share - Comments

banner438kursus Broken Link Check

Broken link check adalah salah satu proses penting dalam SEO, mari kita pelajari caranya. Akhir tahun ini ditandai dengan pemindahan sistem di prothelon.com.

Seperti biasa, saat pemindahan sistem seperti ini, maka banyak link yang harus di update agar tidak terjadi broken link. Broken link adalah link dalam website kita baik link internal maupun eksternal yang mati alias kalau di klik akan menghasilkan error.

Broken link ini bisa terjadi karena banyak hal, seperti pemindahan sistem seperti yang sedang saya lakukan, domain website tujuan sudah expired, website sudah mati, dll.

Kita harus selalu memantau kondisi link dalam website kita agar link yang kita miliki selalu hidup dan tidak terjadi broken link.

Mengapa proses broken link check ini sangat penting? Sebagaimana kita katehui bersama, search engine dan pengunjung website kita sanagt suka dengan website yang update dan dikelola dengan baik. Broken link adalah salah satu tanda bahwa website tidak dikelola dengan kontinyu. Karena itu, proses broken link check ini sangat penting bagi SEO agar website kita lebih disukai oleh search engine dan tentu saja oleh pengunjung kita.

Karena itu, kita harus selalu memantau kondisi link yang ada di website kita agar selalu update. Proses inilah yang dikenal dengan proses broken link check.

Nah, sekarang bayangkan kalau kita hanya memiliki 10 posting di website kita. Dengan hanya 10 posting seperti ini, maka proses broken link check sangat mudah dilakukan, karena kita hanya perlu melakukan pengecekna terhadap 10 halaman. Sekarang bayangkan jika website kita memiliki ratusan bahkan ribuan halaman, betapa merepotkan proses broken link check ini jadinya kan?

Nah untuk itulah, kita sebaiknya menggunakan tools bantu saat melakukan broken link check ini. Ada banyak website yang menawarkan tool bantu untuk proses broken link check ini.

Salah satu diantaranya adalah http://www.dead-link-checker.com/en/. Dengan bantuan website tersebut, kita bisa melakukan proses broken link check dengan sangat mudah. Kita cukup memasukkan nama domain website kita, maka website broken link check tersebut akan secara otomatis menelusuri semua halaman web yang ada dan melakukan proses broken link check secara otomatis.

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

Kita tinggal mengecek report broken link check yang dihasilkan dan memperbaiki broken link yang ada.

Ok, selamat mencoba.

 

 

Posted in Belajar SEO • Tags: Top Of Page