Prev:

Cara Membuat Blog di Blogspot

By Adhi P. - Last updated: Sunday, November 20, 2011 - Save & Share - Comments

banner438kursus Cara Membuat Blog di Blogspot

Cara membuat blog yang saya tulis di artikel ini sangat mudah untuk dipraktikkan oleh pemula. Sebenarnya ada banyak pilihan yang bisa kita gunakan untuk membuat blog. Mulai dari yang paling mudah seperti yang disediakan blogspot di blogger.com atau wordpress.com hingga membuat sendiri blog kita menggunakan HTML, PHP dan MySQL. Anda bisa melihat daftar tutorial cara membuat blog lainnya di prothelon.com untuk lebih jelasnya.

Tutorial kali ini akan membahas tentang cara membuat blog yang paling sederhana namun cukup powerful menggunakan layanan blogspot di blogger.com.

Mari kita mulai, saya akan jelaskan selangkah demi selangkah.

  1. Cara membuat blog di blogger ini sangat mudah. Yang pertama kita lakukan adalah membuat akun google. Bagi yang sudah memilikinya maka tinggal dimanfaatkan saja. Pembuatan akun google ini sangat penting karena kita akan menggunakannya untuk berbagai keperluan selain membuat blog. Akun google ini nantinya juga akan kita gunakan untuk aplikasi google:
    • Email (gmail)
    • Membuat blog (blogger)
    • Memonitor perkembangan blog (Google Analytics).
  2. Selain kebutuhan di atas, sebenarnya masih banyak tool-tool google lain yang sangat berguna seperti Google Webmaster dan Google Web site Optimizer. Tetapi untuk tahap awal ini kita hanya akan menggunakan tiga aplikasi google tersebut saja.
  3. Silahkan buka http://www.gmail.com.
  4. Buat Akun baru dengan mengklik “Create an Account”, dan ikuti langkah pendaftaran seperti yang sudah biasa Anda lakukan untuk membuat email lain milik Anda.
  5. Setelah selesai silahkan menuju ke alamat ini http://www.blogger.com dan login menggunakan akun google Anda.
  6. Nama pengguna adalah bagian depan alamat email sebelum @gmail.com Anda.
  7. Setelah logged in, klik pada “Ciptakan Blog Anda”.
  8. Lanjutkan dengan mengisi Form yang tersedia.
  9. Judul Blog adalah nama yang akan muncul di judul blog saat ada yang mengakses blog Anda. Sedangkan Alamat blog adalah alamat yang akan dituliskan oleh seorang pengunjung saat ingin mengakses blog Anda.
  10. Setelah diisi, klik “Lanjutkan”.
  11. Langkah berikutnya adalah memilih Template. Template adalah desain Blog Anda.
  12. Setelah memilih Template, klik “Lanjutkan”.
  13. Blog Anda sudah siap dan Anda bisa mulai mengisinya.
  14. Menu posting pertama ini adalah tempat Anda melakukan posting untuk blog Anda. Silahkan diisi dengan judul Posting apa saja untuk membiasakan diri Anda melakukan posting. Setelah itu klik Terbitkan Entry. Anda bisa langsung melihat hasilnya dengan mengetikkan http://namabloganda.blogspot.com.

Ternyata cara membuat blog sangat mudah bukan? Tentu saja. Proses cara membuat blog di blogspot ini memang mudah. Hal tersebut bisa terjadi karena blogger menggunakan sistem yang dikenal dengan nama CMS (Content management System). Ingin tahu cara membuatnya? mari kita bahas lebih lanjut.

Tahukah Anda, bahwa blog sebenarnya hanyalah salah satu jenis dari website. Banyak jenis website yang ada di internet, mulai dari blog, toko online, social media, situs berita, portal, dll. Kebanyakan jenis website tersebut, termasuk blog CMS wordpress dibuat menggunakan HTML, PHP dan MySQL.

Nah, kalau Anda tertarik untuk mengetahui cara membuat blog anda sendiri yang unik menggunakan HTML, PHP dan MySQL, atau sekedar menyesuaikan blog yang ada agar lebih cocok dengan kebutuhan kita maka Saya sarankan Anda untuk belajar cara membuat website di sini.

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

Dengan belajar cara membuat website menggunakan HTML, PHP dan MySQL, kita akan bisa membuat sendiri berbagai macam website seperti yang sering Anda lihat di internet termasuk blog. Asik bukan? Ya asik, tetapi memang cara membuat blog menggunakan HTML, PHP dan MySQL ini adalah cara yang paling fleksibel tetapi juga paling sulit, berbeda jika dibandingkan blogspot yang relatif sangat sederhana , mudah dan cepat.

Cukup sampai di sini saja?

 

Tidak…..

 

Sebenarnya blog Anda baru saja jadi dan masih kurang satu faktor penting yaitu pengunjung. Ya..tanpa pengunjung, keindahan dan manfaat dari isi blog kita akan sia-sia karena sama sekali tidak ada yang melihat bukan?

 

Ibarat sebuah pulau di tengah lautan yang eksotis namun tidak ada yang tahu.

 

Untuk itu, Anda perlu memahami bahwa sebenarnya proses membuat blog ini hanya merupakan sebagian kecil dari proses membuat blog kita agar bisa dikunjungi banyak orang dan pada akhirnya bisa menghasilkan income untuk kita. Lalu, sebenarnya apa saja langkah lain yang harus dilakukan setelah mengetahui cara membuat blog ini?

 

Secara garis besar saya biasanya membagi proses tersebut ke dalam 4 langkah yaitu:

 

  1. Menentukan bisnis internet yang sesuai bagi Anda
  2. Membuat web site / Blog Anda Sendiri (cara membuat blog untuk langkah ini yang baru saja kita lakukan)
  3. Mendatangkan Trafik ke Web Site Anda
  4. Memasang Iklan untuk mulai menghasilkan uang dari Web Site Anda

 

Jika Anda tertarik untuk melanjutkan pengetahuan tentang cara membuat blog anda ke level yang lebih tinggi denganĀ  mempelajari cara membuat website dan bagaimana mengimplementasikan langkah-langkah tersebut agar blog Anda agar bisa dikunjungi banyak orang, silakan klik di sini.

Prev:
Posted in Cara Membuat Blog • Tags: , , , , Top Of Page