Langkah Membuat Blog dengan Fantastico di Hosting Berbayar

By Adhi P. - Last updated: Sunday, August 12, 2012 - Save & Share - Comments

banner438kursus Langkah Membuat Blog dengan Fantastico di Hosting Berbayar

Setelah mempelajari langkah-langkah cara membuat blog dengan hosting gratis (wordpress.com dan blogspot.com) kali ini kita akan mempelajari bagaimana langkah membuat blog apabila kita menggunakan hosting berbayar. Kita tahu, tidak sedikit blogger yang memilih untuk menggunakan nama domain sendiri. Karena dengan menggunakan domain sendiri akan terlihat lebih professional.

Nah, sebelum mulai menginstal wordpress, langkah pertama membuat blog dengan hosting berbayar adalah membeli domain dan hostingnya. Cara membelinya sangat mudah, Kita tinggal memilih domain name yang kita inginkan, kita pilih jenis ekstensinya, misalnya domain dot com, domain dot net, domain dot org, maupun domain Indonesia yaitu co.id, web.id, or.id, dan lain sebagainya. Terakhir kita bayar biaya pembelian domain tersebut dengan transfer Bank (apabila membeli dari broker domain Indonesia) atau Paypal dan kartu kredit. Sedangkan untuk hostingnya, saya rekomendasikan untuk membeli 1 paket dengan pembelian domain, sehingga lebih mudah apabila terdapat suatu masalah pada domain dan hosting, bisa dengan mudah komplain terhadap penyedia hosting tersebut.

Disini akan saya jelaskan bagaimana menginstall wordpress secara otomatis dengan menggunakan “Fantastico Autoinstaller” atau “Fantastico de Luxe”. Yaitu suatu program peng-install otomatis wordpress CMS pada hosting Anda.

Pertama, login ke cpanel hosting yang username dan password diberikan oleh penyedia layanan hosting. Setelah login ke Cpanel masing-masing, silakan cari menu Fantastico de Luxe seperti gambar di bawah ini:

 

setelah masuk ke fantastico, kini saatnya memilih wordpress pada menu di samping. Ada bermacam-macam pilihan disana, misalnya Joomla, nucleus, wordpress, dll. Namun karena ini mau menginstall wordpress, silakan pilih wordpress.

 

Setelah memilih wordpress, pilih new installation. Pilihlah path domain, dimana mesin wordpress akan diinstall. Kosongi kolom “install in directory” apabila Anda menginginkan root domain, atau domain utama Anda. Isilah kotakan lain seperti username, password, nickname Anda, nama website Anda serta deskripsi website Anda disana. Kalau sudah, klik install wordpress di bawah. Setelah berhasil, cobalah mengakses website Anda melalui new tab. Walaaa.. wordpress sudah berhasil diinstal. Untuk langkah selanjutnya, sama dengan membuat blog di wordpress.com.

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

Mudah bukan? Silahkan dipraktekkan.. apabila masih ada pertanyaan jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi kami ya! Semoga berhasil!

Silakan melihat daftar tutorial cara membuat blog dengan berbagai metode di prothelon.com.

 

Posted in Cara Membuat Blog • Tags: , , Top Of Page