Belajar Cara Melakukan Promosi Website

By Adhi P. - Last updated: Monday, April 16, 2012 - Save & Share - Comments

banner438kursus Belajar Cara Melakukan Promosi Website

Setelah semua file terupload di index.html, itu artinya web kita sudah bisa dibuka. Nah, langkah selanjutnya adalah bagaimana strategi promosi dan menganalisa web kita. Salah satu kunci keberhasilan sebuah website adalah kita harus belajar cara melakukan promosi website. Sungguh sayang apabila Anda memiliki website yang bagus namun tidak ada yang mengetahuinya, karena pada umumnya tujuan utama sebuah website dibangun adalah untuk mendatangkan pengunjung yang akan melihat informasi yang disediakan oleh web bersangkutan.

Apabila website kita telah online di internet maka otomatis muncul tugas baru yang tidak kalah penting, yaitu mencari cara melakukan promosi website agar dapat meraih pengunjung sebanyak-banyaknya. Promosi website dapat dilakukan dengan banyak cara dan akan saya coba jelaskan beberapa cara promosi website yang paling umum digunakan. Berikut ini adalah beberapa cara langkah – langkah mempromosikan website :

Search Engine Optimization (SEO)

SEO atau Search Engine Optimization adalah cara promosi website yang paling umum dilakukan. Dengan melakukan submit ke direktori search engine maka pengunjung dapat menemukan website anda bila melakukan pencarian pada search engine tersebut. Penjelasannya sederhana saja: Anda harus berada di halaman pertama atau paling tidak di halaman kedua hasil pencarian kata kunci yang telah Anda pakai. Bagaimana target pengunjung bisa mengetahui keberadaan website Anda kalau website Anda berada di halaman ketiga dan seterusnya. Website Anda dianggap tidak ada apabila website Anda berada di halaman hasil pencarian yang ke-3, 4, 5, dan seterusnya. Untuk itu, Anda harus menggunakan teknik optimisasi mesin pencari (SEO). Anda dapat mendaftarkan website Anda ke berbagai mesin pencari. Ada beberapa website yang menyediakan layanan pendaftaran website ke berbagai mesin pencari, antara lain: http://bblmedia.com/addurl.html/, http://freewebsubmission.com/, dan lain-lain.

Membuat artikel dan tautan (related post)

Seperti yang saya jelaskan pada artikel langkah – langkah membuat blog, membuat artikel dan ada tautannya (related) itu penting. Membuat pengunjung betah membaca artikel-artikel yang ditulis di blog / website kita.

Bergabung di forum

Bergabunglah dengan forum-forum yang kurang lebih sesuai dengan kategori isi website anda. Sebagai contoh, misalkan anda membuat website untuk bisnis bengkel, maka untuk promosi website tersebut bergabunglah dengan forum klub-klub mobil yang ada di internet. Bila memungkinkan, promosikan website anda dengan membuat link website anda pada field signature di profile anda pada forum yang anda ikuti. Hal ini akan menyebabkan pengunjung lain dapat melihat promosi atau link website anda pada setiap posting yang anda buat di forum tersebut.

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

Email dan Mailing list

Buat link website anda pada signature di email anda dan bergabunglah dengan mailing list (milis) yang kurang lebih sesuai dengan kategori website anda. Dan seperti halnya dengan forum, jangan pernah mencoba posting promosi atau keluar dari topik yang sedang dibicarakan.

Traffic Exchange

Traffic exchange merupakan cara promosi yang dilakukan dengan bergabung di website traffic exchange. Yang perlu Anda lakukan adalah mendaftarkan website, banner dan teks yang memiliki tautan ke website Anda. Kemudian Anda harus melihat website orang lain untuk mendapatka

Sebenarnya masih ada banyak cara melakukan mempromosikan website kita, dan tips – tips selanjutnya bisa dibaca pada artikel berikutnya.

 

Posted in Tutorial Cara Membuat Website • Tags: , , Top Of Page