Cara Membuat Website

By Adhi P. - Last updated: Monday, May 7, 2012 - Save & Share - Comments

banner438kursus Cara Membuat Website

Kamu ingin mengetahui cara membuat website? Kalau iya, maka tutorial ini akan memberikan panduan lengkap dan menyeluruh mengenai berbagai alternatif dan teknik yang bisa kamu gunakan. Jika kamu masih baru banget atau istilahnya newbie, mudah-mudahan tutorial cara membuat website ini bisa menjadi pintu gerbang utama buat kamu untuk memulai petualangan kamu dalam dunia pembuatan web.

Baiklah, mari kita mulai.

Saya yakin, kalau kamu mencoba mencari di google tentang cara membuat website, maka akan muncul banyak alternatif yang bisa kamu gunakan, dan saking banyaknya, kemungkinan besar kamu akan bingung.

Mengapa?

Karena sampai saat saya menulis tutorial ini, belum ada yang membahas secara menyeluruh alternatif teknik apa saja yang bisa kita gunakan saat ingin membuat website. Kebanyakan saya lihat hanya menampilkan langkah-langkah membuat website menggunakan blog seperti wordpress atau blogspot, padahal di luar itu masih banyak lagi alternatif cara membuat website yang bisa kamu lakukan, dari yang sederhana sampai yang kompleks.

Memang sih, wordpress atau blogspot ini merupakan cara membuat website yang paling cepat dan sederhana, namun demikian tentu saja memiliki kekurangan. Nanti akan saya bahas mengenai hal ini. Untuk saat ini, mari kita fokus pada berbagai alternatif yang ada sehingga kamu bisa memutuskan caramembuat website seperti apa yang paling tepat buat kamu.

Namun demikian, kalau kamu tertarik untuk langsung mempelajari langkah-langkah membuat web secara instan dan cepat, silakan langsung pelajari langkah-langkahnya di tutorial tentang cara membuat blog ini.

 

Alternatif Cara Membuat Website

 

Cara membuat website menggunakan blog

Cara ini merupakan cara membuat website yang paling mudah dan cepat. Pada prinsipnya, kamu hanya tinggal melakukan beberapa langkah sederhana yang sudah disiapkan oleh penyedia layanan blog untuk membuat web. Contoh dari penyedia layanan ini adalah wordpress.com dan blogspot.com. Biasanya alamat website kamu akan menjadi seperti ini: http://adhipraz.blogspot.com.

Keuntungan menggunakan teknik ini adalah kecepatan. Kamu bisa membuat website kamu dalam waktu kurang dari 10 menit. Selain itu, ada keuntungan lain yaitu gratis. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk membuat website dengan cara ini, kecuali untuk membayar akses internet kalau ada.

Kekurangan cara membuat website dengan teknik ini adalah kurangnya kustomisasi. Apa yang dimaksud dengan kustomisasi? Kustomisasi yang saya maksud dalam tulisan ini adalah kemampuan sebauh teknik pembuatan website untuk mengakomodir kebutuhan user yang berbeda. Kesederhanaan dan kecepatan dalam proses membuat website dalam teknik ini merupakan kekuatan, tetapi juga merupakan kelemahan. Karena sederhana dan cepat, maka tidak banyak perubahan yang bisa kita lakukan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan kita secara tepat.

Oh ya, ada satu lagi kelemahannya, yaitu secara default alamat website kita akan menjadi sub domain dari alamat website penyedia layanan. Dalam contoh alamat website tadi, adhipraz merupakan sub domain dari blogspot.com. Namun hal ini bisa diatasi dengan menyewa domain sendiri dan mempelajari bagaimana cara untuk mengarahkan nama domain kita sendiri ke akun blogspot.

Rekomendasi penggunaan: Cara membuat website ini cocok untuk website sederhana, misalnya membuat catatan harian, profil pribadi, menampilkan produk yang kita jual.

Bagaimana cara membuat website tipe ini? Tidak perlu khawatir, ada kok tutorialnya di prothelon.com. Kamu bisa melihat tutorial cara membuat blog di blogspot atau langkah membuat blog di wordpress ini untuk mempelajari langkah-langkah apa yang harus dilakukan.

 

Cara Membuat website menggunakan CMS

Apa yang dimaksud dengan CMS? CMS merupakan kependekan dari Content management System, sistem pengelolaan konten/isi. CMS ini merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang sudah jadi. Kamu tinggal mengunduh aplikasi CMS sesuai kebutuhan, dan melakukan instalasi. Apa yang diperlukan untuk membuat website dengan teknik ini? Kamu perlu menyewa domain, menyewa hosting dan mengunduh aplikasinya.

Proses instalasi biasanya cukup sederhana dan kamu bisa mempelajarinya dengan cepat. Cara membuat website ini memerlukan waktu sekitar 2-3 hari. Biaya yang perlu kamu siapkan adalah sewa hosting dan domain yaitu mulai dari 300 rb / tahun. Tentu saja kamu juga bisa menggunakan domain dan hosting gratis dengan mengorbankan beberapa hal seperti performance dan nama domain yang kurang kredibel.

Contoh penyedia CMS adalah WordPress. Selain menyediakan layanan pembuatan blog instan, wordpress juga menyediakan CMS yang bisa kita gunakan untuk membuat blog. Dengan menambahkan berbagai plugin, kamu bisa mengubah dan menyesuaikan CMS ini sesuai kebutuhan. CMS lain yang sering digunakan adalah Joomla, Mambo, Drupal, dan masih banyak lagi.

Oh ya, kamu juga bisa menyewa jasa web developer untuk membantu membuat website menggunakan CMS jika malas mempelajari cara kustomisasi CMS ini. Biaya yang harus dikeluarkan juga relatif tidak mahal dibandingkan kalau kita membuat website sendiri dari nol.

Keuntungan cara membuat website dengan teknik ini adalah kita bisa membuat website yang lebih fleksibel dalam kustomisasi dalam waktu yang relatif singkat. Dengan menambahkan plugin, addon atau komponen kita bisa membuat beragam aplikasi berbasis CMS.

Kelemahannya adalah memerlukan biaya dan memerlukan sedikit keahlian teknis tentang CMS dan plugin pendukungnya, serta kustomisasi yang masih terbatas.

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

Kustomisasi yang bisa kamu lakukan dengan CMS sudah jauh lebih banyak dibandingkan hanya menggunakan blog seperti pada alternatif pertama, namun kita masih dibatasi dengan ketersediaan plugin yang ada.

Rekomendasi penggunaan: Cara membuat website ini cocok untuk membuat aplikasi e-commerce standar, blog, profil perusahaan, dll.

Sayangnya, sampai saat ini saya belum sempat menuliskan tutorial mengenai cara membuat website menggunakan CMS ini. Namun kamu bisa melihat contoh penggunaannya dengan mudah. Saat menulis tutorial ini, saya menggunakan CMS WordPress untuk prothelon.com.

 

Cara Membuat website menggunakan Bahasa Pemrograman HTML, PHP dan MySQL

Cara membuat website yang paling canggih adalah dengan menggunakan bahasa pemrograman. Cara ini memungkinkan kamu membuat website yang fully customized. Kamu bisa membuat website seperti apapun dengan fitur persis sesuai keinginan dan kebutuhan kita. Namun sayangnya, cara ini memerlukan waktu yang paling lama dibandingkan teknik-teknik pembuatan website yang sebelumnya. Waktunya terutama adalah untuk proses belajar dan pembuatan programnya. Pada umumnya kamu perlu mempelajari HTML, PHP dan MySQL untuk bisa membuat website dengan cara ini. Sama dengan CMS, kamu juga perlu menyiapkan domain dan hosting untuk membuat website dengan cara ini.

Keuntungan dari cara membuat website ini adalah level kustomisasinya. Kamu bisa membuat website jenis apapun sesuai kebutuhan kamu dengan sangat fleksibel. Hal ini bisa kamu lakukan karena kamu memiliki akses ke programnya langsung. Sekedar informasi saja, berbagai jenis CMS, seperti Joomla, WordPress yang sudah saya sebutkan sebelumnya dibuat menggunakan HTML, PHP dan MySQL.

Jadi, kalau kamu sudah mempelajari cara membuat website dengan teknik ini, maka selain bisa membuat website sendiri, kamu juga bisa melakukan instalasi CMS dan melakukan perubahan pada kode yang ada di dalamnya agar sesuai kebutuhan kita. Menarik bukan?

Kekurangannya yang utama adalah masalah waktu. Cara membuat website ini memerlukan keahlian khusus di bidang pemrograman web. Untuk itu, kamu perlu waktu untuk belajar dan menulis program kamu sendiri yang meliputi HTML, PHP dan MySQL. Namun jangan khawatir, kamu bisa menggunakan berbagai alat bantu untuk menuliskan kode website kamu seperti menggunakan dreamweaver, kompozer, framework, dll yang akan mempermudah proses development. Kamu juga bisa menggabungkan penggunaan CMS dan skill pemrograman kamu untuk menghasilkan sebuah website yang powerfull, fleksibel dengan waktu yang relatif lebih singkat.

Rekomendasi penggunaan: Cara membuat website ini cocok untuk jenis website apapun.

Di mana kamu bisa mempelajarinya? Tidak perlu khawatir, di prothelon.com, kamu bisa mempelajari semua hal tersebut. Silakan lihat tutorial-tutorial ini untuk mempelajarinya:

 

Apa langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan? Setelah memahami berbagai alternatif cara membuat website ini, kamu bisa langsung klik link yang sudah saya sediakan di masing-masing alternatif untuk mempelajarinya. Kamu bisa juga melihat kumpulan berbagai tutorial dan artikel tentang cara membuat website ini.

Silakan baca juga pedoman pemilihan hosting dan domain serta berbagai tips memilih hosting ini. Kalau masih bingung dengan istilah hosting dan domain, silakan lihat tutorial yang menjelaskan tentang pengertian hosting dan domain ini.

Posted in Tutorial Cara Membuat Website • Tags: , , Top Of Page