Cara Membuat Website CMS WordPress dengan cPanel

By Adhi P. - Last updated: Sunday, September 9, 2012 - Save & Share - Comments

banner438kursus Cara Membuat Website CMS Wordpress dengan cPanel

Seperti yang telah dibahas di artikel sebelumnya, kita bisa menggunakan beberapa alternatif dalam membuat website. Nah, salah satunya adalah CMS. Di dalam cpanel terdapat feature yang memungkinkan kita untuk menginstal CMS dengan mudah.

Feature tersebut adalah fantastico (beberapa penyedia hosting menggunakan softaculous). Dengan fantastico kita bisa menginstall CMS (seperti wordpress , joomla, mambo, os-commerce, prestashop dan lain lain) tanpa harus download manual terhadap CMS pada situs terkait. Biasanya kita mengikuti langkah-langkah berikut saat melakukan instalasi CMS di server:

  1. Setelah berhasil di download,
  2. kemudian melakukan upload menuju server anda,
  3. Kemudian melakukan extracting terhadap file tersebut.
  4. Setelah semua file teruapload,
  5. masih harus mengakses browser untuk menginstall CMS tersebut pada url namadomainanda.com/install.php dan mengkonfigrasinya.

Memang, agak ribet dan kadang kalau anda tidak tahu cara konfigurasinya sering terjadi kegagalan install. Nah, solusi yang tepat untuk menghindari kegagalan install CMS adalah memanfaatkan feature fantastico/softaculous yang terdapat dalam cpanel. Bagaimana caranya?

Ikuti langkah berikut ini :

  1. Login ke cpanel, Setelah berhasil melakukan login, anda dapat mengakses menu Software/Service -> Fantastico De Luxe. Seperti yang ditunjukan pada gambar dibawah ini:
  2. Maka selanjutnya anda akan dibawa menuju main menu pada fantastico. Sebagai contoh, saya akan melakukan instalasi CMS wordpress. Untuk lebih jelasnya, anda dapat melihat gambar dibawah ini.
  3. Pilih New Installation
  4. Isi data yang dibutuhkan :
  5. Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.
  6. Setelah semua info disi lengkap. Saatnya untuk melakukan instalasi CMSnya dengan meng-klik button “Install WordPress” atau Install Joomla. Tunggu sampai instalasi selesai.
  7. Kemudian tekan button/tombol finish Installation.

Cepat dan mudah kan!!!. Selamat mencoba…

Posted in Tutorial Cara Membuat Website • Tags: , , , , , Top Of Page