Desain Web: Grafis, Layout, Font, Musik, Isi

By Adhi P. - Last updated: Tuesday, April 3, 2012 - Save & Share - Comments

banner438kursus Desain Web: Grafis, Layout, Font, Musik, Isi

Setelah kita membahas beberapa tips yang sebaiknya kita lakukan sebelum membuat desain web, berikut ini merupakan beberapa hal dasar yang perlu Anda perhatikan ketika merancang situs Anda :

Grafis / Gambar

Grafis atau gambar merupakan bagian terpenting dari suatu situs Internet. Dengan grafis/gambar, kita dapat memberikan unsur warna, kesan dan tema. Unsur-unsur tersebut sangat dibutuhkan, asalkan tidak terlalu berlebihan. Terlalu banyak gambar tidak hanya membuat upload situs Anda lambat, tetapi juga kekanak-kanakan. Pemilihan warna juga sangat penting – warna dapat menghidupkan ataupun mematikan sebuah website. Warna tentunya sangat mempengaruhi desain website nantinya. Anda perlu mengingat beberapa hal, gunakan warna yang pengunjung Anda suka, jangan gunakan warna yang bertentanga.

 

Layout

Merancang sebuah layout yang tampak sama untuk semua halaman situs Anda akan lebih memudahkan pengunjung dalam memahami isi situs Anda, daripada membuat layout yang berbeda-beda untuk setiap halaman. Tetapi bukan berarti pula Anda tidak boleh membuat layout halaman yang berbeda-beda untuk setiap penulisan halaman, namun paling tidak sebaiknya setiap halaman mempunyai dasar layout yang hampir sama.

Fonts

Penentuan dari jenis huruf yang akan digunakan sebetulnya adalah keputusan dari desainer itu sendiri. Anda tidak harus memakai standart fonts yang sama terus menerus dalam sebuah situs agar tidak membosankan. Ada banyak sekali jenis font yang lain, yang akan membuat tulisan Anda terlihat lebih menarik dan lebih baik. Namun pemakaian font yang terlalu beraneka ragam dalam suatu halaman juga tidak baik. Batasilah pemakaian font dalam suatu situs menurut jenis pemakaiannya.

Ramai

Banyak orang sering menambahkan musik pada situs mereka. Semua itu baik, tetapi jika lagu terlalu keras hingga pengunjung melompat dari tempat duduk mereka ketika membuka situs Anda, maka mereka akan cepat-cepat meninggalkan situs Anda dan tidak akan kembali lagi.

Isi

Isi atau content yang menarik bisa membuat betah pengunjung, untuk itu perhatikan juga gaya penulisan, ejaan dan tata bahasa yang dipergunakan sudah benar, dan jika Anda mempunyai cukup waktu, bacalah ulang untuk meyakinkan bahwa sudah tidak ada lagi kesalahan bahasa.

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

Well, setelah semua bahan dan design siap, anda bisa untuk mulai membangun website anda, dengan script-script yang sesuai dengan pilihan anda. Silakan cek juga artikel mengenai pentingnya content dalam website dan elemen-elemen yang yang perlu dihindari ini.

Pada artikel berikutnya akan kita bahas bagaimana cara membuat website dengan software maupun secara manual.

 

About the author

 Desain Web: Grafis, Layout, Font, Musik, Isi Adhi Prasetio mulai menggeluti pembuatan website sejak tahun 2001. Di samping kesibukannya sebagai pengajar dan pembicara dengan topik e-commerce, penulis juga telah bertahun-tahun aktif menulis di internet. Sebagian besar tulisannya ditujukan untuk berbagi pengalaman dan membantu para pemula dalam mempelajari cara membuat website dan internet marketing. Penulis yang juga dikenal sebagai Prothelord, merupakan pengelola sekaligus kontributor utama websitehttp://prothelon.com yang merupakan salah satu website populer untuk belajar membuat website. Buku yang sudah diterbitkan antara lain Cara Mudah Membuat Desain web untuk Pemula, Tip & Trik Menjadi Master PHP, Buku Pintar Pemrograman Web dan Smart Guide Jualan Online. Anda bisa melihat profilnya di Google+

Posted in Tutorial Cara Membuat Website • Tags: , , , , Top Of Page