Desain Web Responsif 1

By Adhi P. - Last updated: Wednesday, May 27, 2015 - Save & Share - Comments

banner438kursus Desain Web Responsif 1

Apa yang dimaksud dengan desain web responsif? Sebelum membahas apa artinya, saya akan mencoba menceritakan dulu perkembangan yang terjadi saat ini. Kalau kita coba flashback ke masa lalu, maka kita bisa ingat bahwa ketika itu pilihan perangkat untuk mengakses internet masih sangat terbatas.
Pada umumnya orang mengakses internet menggunakan PC yang layarnya relatif memiliki ukuran yang hampir sama.
Namun demikian, seiring perkembangan kebutuhan dan life style, makin banyak variasi perangkat yang memiliki ukurang layar yang sangat bervariasi. Kita masih ingat dulu ketika masa rasio layar 4:3 berjaya (saya masih menyimpan Dell saya yang memiliki rasio layar itu), kemudian digantikan dengan rasio 16:9 sekitar tahun 2012 yang masih menjadi rasio layar paling banyak digunakan hingga saat ini.
Perkembangan lain adalah makin maraknya penggunaan smartphone untuk melakukan akses web. Ya, harus kita akui, bahwa perkembangan pengguna smartphone memang sangat luar biasa. Google bahkan sudah melakukan update terbarunya yang lebih terkenal dengan istilah Mobilegeddon untuk mengantisipasi hal tersebut. Pada intinya, saat ini, pemilik website diharuskan memiliki website yang mobile friendly agar mendapat posisi hasil pencarian di Google yang tinggi dari perangkat mobile seperti smartphone.
Belum lagi jika kita berbicara mengenai ukuran pixel dari layar yang dimiliki, maka variasi perangkat yang dapat menampilkan website akan semakin beragam.
Apa dampaknya?
Ya, tampilan website yang statis akan sangat sulit untuk digunakan di berbagai perangkat pengakses halaman web yang ada. Sebagai contoh, jika kita membuat sebuah halaman web yang berukuran lebar 960 pixel, maka para pengguna smartphone akan sangat kesulitan ketika mencoba membaca isi web site yang kita miliki. Paling tidak mereka akan sangat disibukkan dengan aktivitas pinching untuk zoom in dan zoom out, serta sibuk menggeser layar ke sana kemari ketika membaca isi web site kita.
Apa solusinya untuk membuat desain web responsif? Kita akan bahas di artikel berikutnya.
Semoga bermanfaat.

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.
Posted in Belajar CSS, Belajar HTML5, Tutorial Cara Membuat Website • Tags: , , , Top Of Page