Hosting Indonesia, Tips Memilih Lengkap

By Adhi P. - Last updated: Saturday, November 12, 2011 - Save & Share - Comments

banner438kursus Hosting Indonesia, Tips Memilih Lengkap

Tips penting dalam memilih web hosting Indonesia, seperti biasa ditulis dengan gaya khas Prothelord yang mudah dimengerti. Semoga bermanfaat.

TIPS MEMILIH WEB HOSTING INDONESIA

Artikel ini merupakan kelanjutan dari artikel sebelumnya tentang pemilihan web hosting di indonesia yang menjelaskan mengapa kita perlu menyewa hosting sendiri.

Memilih penyedia hosting di Indonesia memang merupakan hal yang perlu dilakukan dengan hati-hati karena menyengkut kelangsungan hidup situs kita. Apalagi dengan banyaknya penyedia web hosting Indonesia saat ini, maka akan makin membuat daftar pilihan kita semakin panjang dan mempersulit pemilihan. Namun di lain pihak, kita juga jadi memiliki keleluasaan untuk menetukan pilihan atas penyedia layanan hosting yang kita inginkan. Nah khusus untuk layanan hosting di Indonesia, berikut beberapa tips dari prothelord, semoga bermanfaat.

1. Support Penyedia Layanan Hosting

Support merupakan hal yang terpenting dari sebuah layanan hosting terutama hosting di Indonesia. Sebab apabila support susah dihubungi, respon lambat, dll akan menyulitkan klien bila sedang menghadapi masalah. Bayangkan saja jika web site anda sudah anda bangun susah-susah dan sudah memiliki pengunjung yang sangat banyak, ternyata malah supportnya ndak bener. Kadang malah kemungkinan domain kita juga amblas tuh. Hindari hosting dgn support melalui Handphone saja, sebab bisa jadi yang mengelola hosting hanya satu orang saja, kecuali hosting bersangkutan mencantumkan juga no telepon kantor. Cari penyedia hosting Indonesia yang memiliki akses support sebanyak mungkin antara lain: Telepon Kantor (nomor telepon kabel), Messenger (Yaho Messenger, Google Talk, dll dan jangan lupa perhatikan availabilitasnya dalam arti sering online atau tidak), E-mail, Web based dan Telepon Seluler/CDMA. Dan yang lebih penting lagi cobalah terlebih dahulu melakukan kontak dengan penyedia hosting indonesia tersebut dan cek respon timenya. Prothelord pernah terjebak dengan penyedia hosting yang tidak keren di Yogyakarta dan sekarang sudah gulung tikar. Percayalah, saat kena hosting yang payah, akan sangat tidak menyenangkan.

2. Perhatikan jenis layanan yang diberikan.
Hal ini sangat penting karena umumnya service yang diberikan akan sangat bervariasi. Jangan sampai terjadi hal yang konyol, dimana kita butuh PHP tetapi malah hosting yang hanya provide ASP. Kan ndak lucu. Nah, beberapa parameter penting dalam service yang diberikan antara lain :

*
Support Bahasa pemrograman (PHP, ASP, dll)
*
Database yang disediakan (MySQL, PostGRESQL, dll)
*
E-mail
*
Ukuran space hardisk
*
bandwidth
*
Fantastico (untuk memudahkan instalasi aplikasi)
Jangan lupa perhatikan juga batasan/limit service yang diberikan misalnya limit user database, limit bandwidth, user email, dll. Sebisa mungkin hindari penyedia hosting indonesia yang memberikan layanan unlimited, layanan ini secara umum akan menghabiskan bandwidth dan resource server.

3. Pilihlah  web hosting Indonesia yang mempunyai lokasi kantor tetap dan berbadan hukum.
Kalau perlu datang langsung ke lokasi untuk mengetahui keberadaannya atau minimal lakukan kontak dengan supportnya dan tanyakan lokasi kantornya.

4. Lihat dan cek pengalaman perusahaan tersebut dalam mengelola hosting.
Semakin berpengalaman sebuah perusahaan penyedia jasa hosting, maka umumnya supportnya semakin baik. Namun hal ini ada juga sisi negatifnya yaitu semakin laku sebuah penyedia jasa hosting Indonesia, maka semakin banyak pengguna dalam sebuah servernya. Hal ini tentu saja akan berakibat pada makin tingginya trafik yang masuk dan berdampak pada lambatnya respon server. Mintalah pada penyedia jasa kita untuk meletakkan hosting di server yang masih rendah trafiknya.

5. Cek spesifikasi server, stabilitas server dan koneksi server yang digunakan. Apakah di USA, IIX, dll.
Pilihlan penyedia hosting indonesia yang menyediakan lokasi server yang bervariasi. Pemilihan lokasi server harus memperhatikan target pengunjung yang akan kamu tuju. Kalau kamu menargetkan pengunjung dari Indonesia, sebaiknya pilih lokasi server di Indonesia. hal ini akan mempengaruhi kecepatan akses ke web site kamu.

6. Cek kepemilikan domain klien, apakah atas nama klien atau atas nama webhosting bersangkutan.
Hal ini perlu untuk memberikan keleluasaan klien dalam memanage domainnya sendiri. Atau jika menggunakan nama web hosting Indonesia yang bersangkutan, maka pastikan mereka bersedia mengubah menjadi nama anda. Dan lakukan penggantian nama dan password segera setelah hosting anda siap.

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

7. Backup, back up dan back up.
Back up merupakan hal yang penting untuk memastikan bahwa data-data anda aman, sebab seringkali data-data klien hilang karena salah delete, dll. Cek jadwal back up hosting anda, dan jangan lupa lakukan back up anda sendiri.

8. Program Promo
Nah ini juga hal yang penting. Dengan adanya program promo, maka kita akan bisa menghemat biaya. Namun perhatikan, sebaiknya jangan mengambil penyedia hosting Indonesia yang terlalu sering memberikan promo. Jangan-jangan harga aslinya memang kemahalan icon smile Hosting Indonesia, Tips Memilih Lengkap .

9. Pastikan bebas masalah
lakukan Googling untuk mencari problem yang pernah dialami oleh penyedia hosting yang kamu pilih. Gunakan kata kunci “nama_penyedia_hosting masalah”. Cara lain adalah dengan melakukan pengecekan ke forum yang disediakan penyedia hosting di Indonesia tersebut. Jika banyak komplain maka perlu kamu cek ulang tuh pilihan kamu. Perhatikan juga cara mereka dalam menyelesaikan masalah.

10. Bandingkan paket-paket yang disediakan.
Yah, memang proses membandingkan ini cukup menyebalkan, tetapi perlu dilakukan. Pertama bandingkan dulu space dan bandwidthnya dan kalau perlu di konversi ke satuan yang sama, karena masing-masing penyedia layanan hosting Indoenesia tesebut pasti memiliki paket yang berlainan. Setelah iti bandingkan servicenya. Pertanyaan terakhir, manakah yang paling kompetitif ? Dari sana kita bisa memiliki beberapa alternatif untuk kita follow up dengan membandingkan faktor-faktor dari tips lainnya di artikel ini.

11. Sesuaikan harga dengan kocek
Pastilah, pilih paket yang sesuai dengan kantong kamu. Pilihlan web hosting yang menyediakan paket bervariasi dan kalau kamu perlu paket yang murah sebagai awal karir kamu di dunia web, cari yang menyediakan paket murah.

12. Pembayaran
Pilih yang menyediakan pembayaran melalui berbagai bank terutama bank-bank besar seperti BCA dan Mandiri serta kalau ada palayan online seperti Paypal. Jangan lupa bahwa akan lebih baik jika support juga bank yang kamu miliki atau kalau tidak pastikan mereka memiliki prosedur untuk menerima pembayaran dari bank lain.
13. Lihat Testimonial
Walaupun berat sebelah dan cenderung hanya menampilkan testi yang positif, paling tidak dari testimonial kamu bisa melihat seberapa puas pelanggan hosting tersebut.

About the author

 Hosting Indonesia, Tips Memilih Lengkap Adhi Prasetio mulai menggeluti pembuatan website sejak tahun 2001. Di samping kesibukannya sebagai pengajar dan pembicara dengan topik e-commerce, penulis juga telah bertahun-tahun aktif menulis di internet. Sebagian besar tulisannya ditujukan untuk berbagi pengalaman dan membantu para pemula dalam mempelajari cara membuat website dan internet marketing. Penulis yang juga dikenal sebagai Prothelord, merupakan pengelola sekaligus kontributor utama websitehttp://prothelon.com yang merupakan salah satu website populer untuk belajar membuat website. Buku yang sudah diterbitkan antara lain Cara Mudah Membuat Desain web untuk Pemula, Tip & Trik Menjadi Master PHP, Buku Pintar Pemrograman Web dan Smart Guide Jualan Online. Anda bisa melihat profilnya di Google+

Posted in Tutorial Cara Membuat Website • Tags: Top Of Page