Membuat dan Mengelola User Database Melalui phpMyAdmin

By Adhi P. - Last updated: Sunday, May 20, 2012 - Save & Share - Comments

banner438kursus Membuat dan Mengelola User Database Melalui phpMyAdmin

Seperti janji saya diartikel sebelumnya, Kali ini kita masih membahas tentang database. Pembuatan database juga bisa dilakukan melalui phpmyadmin. Oh iya, terlebih dahulu akan saya jelaskan apa phpmyadmin itu. phpMyAdmin adalah suatu aplikasi yang dibuat dengan bahasa pemrograman PHP yang ditujukan untuk pengelolaan basis data MySQL melalui Internet. Untuk mengakses phpmyadmin, anda bisa login terlebih dahulu di halaman cpanel anda, kemudian klik phpmyadmin. Selanjutnya ikuti langkah – langkah berikut ini :

  1. Setelah masuk ke phpmyadmin, masuk ke menu Mysql Database.
  2. Jika anda belum mempunyai msyql database sama sekali, silahkan create database dari menu yang tersedia. Misalkan penulis mencoba membuat database baru bernama testing. Ingat, cpanel akan menambahkan prefix username_ pada database anda, jadi misalkan usernya adalah nyoba, maka nama mysql databasenya nanti adalah nyoba_testing
  3. Jika anda menggunakan PHP, silahkan buat username dan password untuk akses ke database tersebut. Anda bisa menggunakan menu create user untuk melakukan penambahan username.
  4. Langkah selanjutnya adalah menghubungkan user ke database , dengan cara pilih usernya, kemudian databasenya, lalu privileges yang diberikan (defaultnya adalah All), kemudian klik Add User to Database.
  5. Jika anda sudah mempunyai file sql dan ingin mengupload data sql anda, silahkan klik phpmyadmin pada bagian paling bawah.
  6. Setelah masuk ke phpmyadmin, pilih database yang digunakan, kemudian pada halaman sebelah kanan, pilih Import , browse pada file sql anda, kemudian klik Go untuk melanjutkan. Jika import anda sukses, akan muncul laporan “Import has been successfully finished”

Selesai, Anda juga bisa menggunakan phpmyadmin ini untuk mengadministrasi database anda, seperti melihat data, query sql, export, rename, dll. Nah, untuk administratsi database diphpmyadmin, anda bisa temukan diartikel selanjutnya. Selamat mencoba!

 

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

About the author

 Membuat dan Mengelola User Database Melalui phpMyAdmin Adhi Prasetio mulai menggeluti pembuatan website sejak tahun 2001. Di samping kesibukannya sebagai pengajar dan pembicara dengan topik e-commerce, penulis juga telah bertahun-tahun aktif menulis di internet. Sebagian besar tulisannya ditujukan untuk berbagi pengalaman dan membantu para pemula dalam mempelajari cara membuat website dan internet marketing. Penulis yang juga dikenal sebagai Prothelord, merupakan pengelola sekaligus kontributor utama websitehttp://prothelon.com yang merupakan salah satu website populer untuk belajar membuat website. Buku yang sudah diterbitkan antara lain Cara Mudah Membuat Desain web untuk Pemula, Tip & Trik Menjadi Master PHP, Buku Pintar Pemrograman Web dan Smart Guide Jualan Online. Anda bisa melihat profilnya di Google+

Posted in Tutorial Cara Membuat Website • Tags: , , Top Of Page