Membuat Website

By Adhi P. - Last updated: Wednesday, December 1, 2010 - Save & Share - Comments

banner438kursus Membuat Website

Membuat website itu gampang kok. Hanya saja kadang kita belum tahu apa yang harus dilakukan agar halaman web kita bisa nongol di Internet. Tulisan kali ini saya tujukan bagi teman-teman yang sedang mempelajari proses pembuatan website tetapi belum tahu harus ngapain agar halaman website yang sudah kita buat bisa nongol di internet.

Buat teman-teman yang ingin mengetahui langkah-langkah/cara pembuatan halaman web lainnya secara umum, silakan lihat dulu tulisan tentang panduan cara membuat website ini, karena tulisan ini hanya membahas salah satu bagian saja dalam proses membuat website yaitu tentang hosting atau tempat menyimpan bagi file-file PHP yang sudah kita buat.

Jika sudah memahami panduan membuat website secara umum tersebut, artinya kamu sudah siap untuk mulai memiliki sebuah domain dan hosting. mari kita bahas bersama cara memperolehnya.

 

Apa yang kamu perlukan untuk mulai membuat website?

Pada dasarnya kamu hanya memerlukan 2 hal agar website kita bisa tampil di internet:

Secara umum, buat kita-kita ini ada 2 pilihan terkait hosting. Yang pertama adalah menggunakan hosting gratisan atau hosting berbayar.

Kalau kamu pernah membuat website berbentuk blog pake blogspot atau wordpress, maka kamu sudah menggunakan hosting gratisan. Tentu saja ada hosting gratisan lain yang menyediakan fleksibilitas lebih tinggi dalam mengatur website yang ingin kita tampilkan.

Namun demikian, tulisan saya kali ini saya fokuskan pada cara menggunakan hosting berbayar untuk membuat website kita tampil di internet sesuai saran untuk memilih web hosting berbayar.

Ok, ini langkah-langkah praktisnya:

  1. Pertama-tama kamu harus memilih web hosting yang baik, silakan lihat panduan memilih web hosting ini.
  2. Tentukan nama domain yang kamu inginkan,  paling baik jika menggunakan ekstension com. Umumnya pada web hosting provider sudah menyediakan layanan untuk registrasi nama domain juga. Proses pemilihan nama domain ini bisa sangat menyulitkan, karena biasanya nama domain yang bagus sudah disewa oleh orang lain. Berikut beberapa tips dalam memilih nama domain kalau terlanjur sudah diambil orang:
  3. Berikutnya memilih paket hosting yang pas untuk website kita. Untuk tahap awal pilih paket yang paling kecil saja. Jangan khawatir, kita bisa upgrade ke paket yang lebih besar seiring dengan perkembangan trafik kita.
  4. Langkah berikutnya memilih lokasi server. Ada hosting web yang memberi pilihan untuk memilih lokasi server di USA, Singapore atau Indonesia. Tentukan pilihan berdasarkan target visitor yang kamu tuju. Misalnya jika kita membuat website untuk visitor atau pengunjung dari Indonesia, maka lebih baik pilih lokasi server di Indonesia.
  5. Setelah beres, kita harus melakukan pembayaran. Pembayaran biasanya dilakukan via transfer bank.
  6. Setelah bayar, maka kita tinggal menunggu 2-3 hari agar nama domain kita menyebar di Internet.

Sampai di sini, proses sewa nama domain dan web hosting sudah selesai.

Kita akan melanjutkan tulisan mengenai cara membuat website ini dengan mempelajari berapa langkah di atas dengan lebih detil, termasuk mempelajari manfaat penggunaan cpanel dan proses upload web site menggunakan cPanel kita di tulisan-tulisan berikutnya.

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

Oh ya, mungkin kamu bertanya-tanya, untuk apa kita menyewa domain dan hosting tadi. Jawabannya adalah, kita memerlukannya untuk tempat mengupload file yang sudah kita bikin saat membuat website. Saya sarankan kamu untuk membaca cara membuat website sederhana ini dulu sebagai permulaan jika belum pernah bikin sebelumnya.

Tutorial membuat website ini memang lebih ditekankan pada aspek hostingnya, namun masih banyak aspek lain dalam proses membuat website. Misalnya, jika kamu ingin membuat website secara instan, silakan lanjutkan dengan membaca berbagai artikel di sini yang terkait dengan cara membuat website atau cara membuat blog ini.

Namun, jika kamu ingin lebih memahami tentang proses development sebuah website, maksud saya membuat website sendiri yang bukan berbasis blog atau CMS, maka saya sarankan kamu untuk membaca tutorial-tutorial belajar HTML, belajar PHP dan belajar MySQL ini.

Jika kamu tertarik untuk mempelajari berbagai materi yang ada di prothelon.com ini, kamu juga bisa membaca panduan umum membuat website biar gak bingung saat mempelajarinya.

 

About the author

 Membuat Website Adhi Prasetio mulai menggeluti pembuatan website sejak tahun 2001. Di samping kesibukannya sebagai pengajar dan pembicara dengan topik e-commerce, penulis juga telah bertahun-tahun aktif menulis di internet. Sebagian besar tulisannya ditujukan untuk berbagi pengalaman dan membantu para pemula dalam mempelajari cara membuat website dan internet marketing. Penulis yang juga dikenal sebagai Prothelord, merupakan pengelola sekaligus kontributor utama websitehttp://prothelon.com yang merupakan salah satu website populer untuk belajar membuat website. Buku yang sudah diterbitkan antara lain Cara Mudah Membuat Desain web untuk Pemula, Tip & Trik Menjadi Master PHP, Buku Pintar Pemrograman Web dan Smart Guide Jualan Online. Anda bisa melihat profilnya di Google+

Posted in Tutorial Cara Membuat Website • Tags: Top Of Page