Membuat Website : Cpanel sang pengelola Web site

By Adhi P. - Last updated: Saturday, February 4, 2012 - Save & Share - Comments

banner438kursus Membuat Website : Cpanel sang pengelola Web site

Cpanel merupakan aplikasi khusus yang di desain untuk mengelola hosting yang kita sewa. Saat membuat website, kita pasti akan sangat sering berhubungan dengan cpanel ini. Nah, sebelum belajar cara mengupload file, ada baiknya kita mempelajari sedikit tentang cpanel ini.

Pada saat kita menyewa web hosting, maka kita akan mendapat akses khusus untuk mengelola web site yang kita sewa. Akses khusus ini bisa dilakukan dengan mengetikkan alamat http://www.namadomainanda.com:2082.
Setelah mengetikkan alamat tersebut, maka anda akan diminta memasukkan user dan password yang diberikan oleh pihak hosting. User dan password ini biasanya dikirimkan melalui email saat proses pembuatan web site kita sudah selesai. Segera ganti passwordnya yah, agar aman.
Saat masuk, kita bisa melihat beberapa informasi ini:
1)      Bandwidth dan space yang sudah kita gunakan.
2)      Versi PHP dan MySQL yang disediakan oleh hosting.
3)      Aplikasi-aplikasi bantu lainnya. Beberapa yang sering digunakan adalah webalizer (untuk mengetahui profil pengunjung), file manager (untuk mengelola file) dan Fantastico (untuk menginstall aplikasi di website kita).
Jika anda ingin menginstall aplikasi web site dengan cepat, misalnya ingin memasang joomla atau mambo, maka saya sarankan untuk melakukan instalasi melalui Fantastico saja. Lebih cepat, sederhana dan tidak ngabisin bandwidth.
Namun demikian, apabila anda memiliki aplikasi PHP yang anda develop sendiri, maka anda harus bisa melakukan upload ke web site tersebut. Ini akan kita bahas dalam tutorial berikutnya.
Sampai ketemu di tutorial berikutnya.

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

About the author

 Membuat Website : Cpanel sang pengelola Web site Adhi Prasetio mulai menggeluti pembuatan website sejak tahun 2001. Di samping kesibukannya sebagai pengajar dan pembicara dengan topik e-commerce, penulis juga telah bertahun-tahun aktif menulis di internet. Sebagian besar tulisannya ditujukan untuk berbagi pengalaman dan membantu para pemula dalam mempelajari cara membuat website dan internet marketing. Penulis yang juga dikenal sebagai Prothelord, merupakan pengelola sekaligus kontributor utama websitehttp://prothelon.com yang merupakan salah satu website populer untuk belajar membuat website. Buku yang sudah diterbitkan antara lain Cara Mudah Membuat Desain web untuk Pemula, Tip & Trik Menjadi Master PHP, Buku Pintar Pemrograman Web dan Smart Guide Jualan Online. Anda bisa melihat profilnya di Google+

Posted in Tutorial Cara Membuat Website • Tags: , Top Of Page