Mengenal Domain Name, Hosting, Bahasa Pemrograman, Desain Website dan Publikasi Situs

By Adhi P. - Last updated: Sunday, April 1, 2012 - Save & Share - Comments

banner438kursus Mengenal Domain Name, Hosting, Bahasa Pemrograman, Desain Website dan Publikasi Situs

Sebelum saya mengupas tuntas bagaimana langkah – langkahnya membuat website, disini saya akan jelaskan terlebih dahulu pengertian dari website dan berbagai unsur penunjang yang terkait dengan cara membuat website.

Website adalah sekumpulan file dan folder yang berisi script-script/bahasa pemrograman, yang tersimpan didalam server hosting online dan mempunyai alamat khusus yang membedakan antara website satu dengan lainnya. Alamat khusus itulah bernama domain. Website ini dibuka melalui sebuah program penjelajah (Browser) yang berada di sebuah komputer. Program penjelajah yang bisa digunakan dalam komputer diantaranya: IE (Internet Explorer), Firefox, Mozilla, Netscape, Safari, dan Opera.

Ok, terlebih dahulu akan saya terangkan unsur – unsur dari website. Untuk menyediakan keberadaan sebuah website, maka harus tersedia unsur-unsur penunjangnya, adalah sebagai berikut:

Domain name

Domain name adalah alamat unik di dunia internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website. COntohnya : www.detik.com, www.prothelon.com. Nama domain diperjualbelikan secara bebas di internet biasanya dengan status sewa tahunan. Nama domain sendiri mempunyai identifikasi ekstensi/akhiran sesuai dengan kepentingan dan lokasi keberadaan website tersebut. Contoh nama domain ber-ekstensi internasional adalah com, net, org, info, biz, name, ws. Contoh nama domain ber-ekstensi lokasi Negara Indonesia adalah co.id (untuk nama domain website perusahaan), ac.id (nama domain website pendidikan), go.id (nama domain website instansi pemerintah), or.id (nama domain website organisasi).

Web hosting

Webhosting adalah rumah dimana file-file gambar, teks dan lain sebagaimnya yang akan ditampilkan di website. Webhosting diperoleh dengan cara menyewa diperusahaan – perusaan penyewa hosting. Biasanya, pengguna menyewa 1 paket dengan domain.

Bahasa Pemrograman

Adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam website yang pada saat diakses. Jenis bahasa program sangat menentukan statis, dinamis atau interaktifnya sebuah website. Semakin banyak ragam bahasa program yang digunakan maka akan terlihat website semakin dinamis, dan interaktif serta terlihat bagus. Seperti yang telah dipelajari dalam web ini, macam – macam bahasa program adalah html, css, php, javascript, ASP dan lain –lain.

Desain website

Desain website menentukan kualitas dan keindahan sebuah website. Desain sangat berpengaruh kepada penilaian pengunjung akan bagus tidaknya sebuah website.

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

Publikasi Situs

Keberadaan situs tidak ada gunanya dibangun tanpa dikunjungi atau dikenal oleh masyarakat atau pengunjung internet. Karena efektif tidaknya situs sangat tergantung dari besarnya pengunjung dan komentar yang masuk. Untuk mengenalkan situs kepada masyarakat memerlukan apa yang disebut publikasi atau promosi. Cara yang biasanya dilakukan dan paling efektif dengan tak terbatas ruang atau waktu adalah publikasi langsung di internet melalui search engine-search engine.

Ok, demikian sebagai pengenalan dalam membuat website. Selanjutnya kita akan mengupas tuntas langkah – langkah membuat wesite. Jangan kemana – mana yaa..!

 

Posted in Tutorial Cara Membuat Website • Tags: , , Top Of Page