Prev: «

Tips Membuat Website 1: Konten Lebih Penting dari Desain

By Adhi P. - Last updated: Tuesday, November 15, 2011 - Save & Share - Comments

banner438kursus Tips Membuat Website 1: Konten Lebih Penting dari Desain

Serial artikel ini akan membahas beberap tips membuat website yang akan sangat bermanfaat saat development.

Saat membuat website, kita tentu menginginkan agar website yang kita buat tersebut berguna dan dibaca pengunjung kan? Setelah susah-susah kita buat dan berbagai cara kita lakukan untuk mendatangkan trafik sudah kita lakukan, tentu kita tidak ingin pengunjung yang datang ke website kita pergi begitu saja karena beberapa kesalahan kecil yang sebenarnya bisa kita hindari dengan mudah.
Apa saja tips dalam membuat website? Mari kita lihat satu persatu…

Tips #1: Meyediakan konten yang berguna di website kita

Pastikan bahwa setiap halaman website kita memiliki sesuatu yang penting untuk diketahui pengunjung.

Hal ini memang tidak terkait langsung dengan desain sebuah website, tetapi menurut saya hal ini jauh lebih penting daripada desain website itu sendiri.
Jika kamu perhatikan, maka kamu akan melihat bahwa desain di prothelon.com ini sangat sederhana. Dan itu memang saya sengaja karena saya lebih fokus pada konten daripada pada desain webnya. Memang ada beberapa pengunjung yang “memprotes” kesederhanaan desain ini karena seolah-olah tidak menunjukkan kualitas saya sebagai pembuat website, namun demikian, saya sudah membuktikan sendiri bahwa yang namanya konten itu jauh lebih penting daripada desainnya terutama untuk website yang memberikan informasi seperti prothelon.com ini.
Saya tahu bahwa banyak orang mencari cara untuk membuat website mereka nampak cantik untuk dilihat, karena mereka pikir, desain bagus adalah hal yang paling penting.
Namun demikian, mari kita coba pikirkan lagi dan sadari bahwa tujuan utama membuat website pada dasarnya adalah  memberikan sesuatu yang menarik dan berguna bagi pengunjung. Kalau halaman-halaman website kamu belum menyediakan itu, maka kamu harus memperbaiki masalah itu dulu sebelum mengkhawatirkan warna, tampilan, dan desain website yang kamu buat.
Ilustrasi berikut ini mungkin bisa membantu kamu memahami apa yang saya meksud. Kalau kamu melemparkan tanah ke sebuah kanvas, dan membingkainya dengan bingkai emas, tetap saja yang kamu buat itu adalah kanvas yang ada tanahnya. Bingkai emas tidak secara ajaib mengubahnya menjadi lukisan yang indah.
Apa yang kamu tawarkan pada pengunjung? Apa yang membuat waktu mereka tidak terbuang sia-sia saat membaca website yang kamu buat? Fokuslah ke sana sebelum mengkhawatirkan masalah desain website.

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

Kalau kamu berencana untuk membuat website yang menghasilkan uang dari iklan, maka saran saya jangan gunakan lebih dari 25% dari halaman website kamu untuk iklan. Usahakan agar lebih dari 75% benar-benar merupakan konten yang berharga untuk dibaca pengunjung. Kadang-kadang kita melihat sebuah website yang dipenuhi iklan sampai-sampai kita sulit mengetahui di mana isi yang sebenarnya berada kan?
Perhatikan hal ini: Orang tidak menyalakan TV untuk melihat iklan komersial tetapi menonton acaranya, mereka juga tidak membeli majalah untuk iklannya tetapi untuk artikel yang ada di dalamnya. Sama persis, website yang kamu buat harus lebih banyak isinya dibanding iklannya.

Itu adalah tips pertama yang perlu kamu perhatikan saat membuat website. Berikutnya kita akan membahas tips yang menarik terkait elemen-elemen halaman yang perlu kamu hindari pada website kamu.

Prev: «
Posted in Tutorial Cara Membuat Website • Tags: , Top Of Page