Udah Pinter Bikin web site? Waktunya Memilih Web Hosting

By Adhi P. - Last updated: Friday, November 12, 2010 - Save & Share - Comments

banner438kursus Udah Pinter Bikin web site? Waktunya Memilih Web Hosting

Anda sudah bisa membuat situs web sendiri? Waktunya untuk mempublikasikan karya anda. Salah satu cara untuk mempublikasikan web buatan anda sendiri adalah dengan menyewa web hosting. Pada bagian pertama tulisan ini, saya akan memberikan penjelasan tentang web hosting. Pada bagian kedua, akan saya sampaikan beberapa tips yang menarik tentang cara memilih web hosting.

Tertarik? Silahkan lanjutkan icon smile Udah Pinter Bikin web site? Waktunya Memilih Web Hosting

Setelah karya anda jadi, maka anda memerlukan tempat untuk mempublikasikan situs web buatan anda. Akan tidak lucu jadinya kalau situs yang sudah anda buat dengan susah payah hanya bisa dilihat oleh anda sendiri kan?

Untuk mempublikasikan sebuah situs web buatan anda sendiri anda harus meletakkan situs web tersebut di sebuah server yang selalu terhubung ke Internet kan? Memang sih anda bisa saja menggunakan PC anda sendiri dan langsung dihubungkan ke Internet, tapi umumnya cara itu lebih mahal dan memiliki bandwidth terbatas.

Cara yang umum dilakukan adalah dengan menyewa web hosting. Web hosting artinya anda menyewa space (tempat di hard disk untuk meletakkan file-file anda yang indah) dan bandwidth (batasan seberapa banyak data boleh ditransfer oleh pengunjung situs anda). Paket web hosting umumnya memiliki kriteria utama batasan space dan bandwidth. Masih ada kriteria tambahan lain seperti batasan jumlah account FTP, Email dsb.

Nah, setelah anda menyewa space dan bandwidth apakah web site anda sudah bisa diakses oleh penggemar anda?

Sabar dulu. Anda masih memerlukan sebuah domain name. Domain name adalah alamat web yang dituliskan oleh pengunjung anda di browser mereka untuk mengakses situs web anda. Tanpa domain name, situs anda akan menjadi sebuah pulau dewata di tengan samudra Internet yang tidak seorangpun menyadari keberadaanya.

Domain name inilah yang akan mengarahkan pengunjung situs anda menuju file yang sudah anda letakkan di server yang anda sewa.

SO, Anda akan memerlukan space, bandwidth dan domain name untuk membuat situs buatan anda dapat diakses oleh penggemar anda.

Saat ini, hampir semua penyedia hosting sudah menyediakan layanan tambahan secara default seperti email, ftp dan statistic. jadi anda memiliki banyak pilihan untuk menentukan provide web yang akan anda jadikan partner.

Anda dapat menggunakan google untuk mencari calon provider web hosting yang anda inginkan dengan mengetikkan kata kunci “web hosting Indonesia”.

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

Selamat berburu. Jika sudah menemukan beberapa calon, kita akan bahas bagaimana cara memilih hosting Indonesia yang paling cocok dengan kebutuhan anda. Tahukah kamu bahwa kamu bisa menyewa hosting hanya dengan Rp. 10.000/6bulan? Kalau ndak percaya, cek aja di situs ini. Mereka bahkan memperbolehkan kita mencoba dulu secara Gratis (yang sebenarnya tidak perlu karena layanannya sudah cukup baik).

Sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Posted in Tutorial Cara Membuat Website • Tags: , Top Of Page