Prev:

Macam – Macam CMS Dan Kegunaannya

By Adhi P. - Last updated: Monday, October 13, 2014 - Save & Share - Comments

banner438kursus Macam – Macam CMS Dan Kegunaannya

Bagi anda yang menekuni dunia web design tentu sudah mengenal apa itu CMS. Kehadiran CMS sangat memudahkan bagi para webmaster baik pemula maupun yang sudah berpengalaman. CMS merupakan singkatan dari Content Management System yaitu aplikasi web yang memudahkan pengelola dalam mengelola isi / konten web atau blog sehingga webnya menjadi dinamis dan interaktif.

 

Bahkan dengan adanya CMS ini, orang awam yang tidak mengerti script kode pun bisa membuat website sendiri. Karena, kita tinggal mengintsal CMS-nya kemudian mengelola isi webnya dengan mudah. Oh iya, CMS ini open platfom sehingga banyak sekali yang mengembangkannya.Bahkan dengan perkembangan yang cepat itu, sehingga muncul berbagai macam CMS yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Misalkan, jika anda ingin membuat web berbasis blog anda bisa menggunakan CMS WordPress, namun jika anda menginginkan web toko online , anda bisa menggunakan Prestashop dan lain – lain

 

Berikut ini akan saya jelaskan macam – macam CMS dan kegunaannya :

 

1. Joomla

CMS joomla ini merupakan cms yang powerful. Karena itu, para webmaster menggunakannya untuk website yang sedikit rumit dan kompleks seperti company profile perusahaan, web sekolah maupun toko online. Meskipun menggunakan wordpress juga bisa, namun bagi client yang menginginkan webnya lebih dinamis tentu saja lebih memilih joomla karena tidak hanya mudah dalam pengaturan konten saja, namun joomla juga memudahkan dalam pengaturan menu-menunya maupun ekstensi yang diperlukan. Joomla pertama kali di rilis dengan versi 1.0 pada 17 September 2005sampai sekarang sudah vrsi 3.2 . Setiap versi Joomla yang baru adalah merupakan versi penyempurnaan dari versi-versi sebelumnya, dengan interface dan fitur-fitur yang ditambahkan.

2. WordPress

WordPress merupakan CMS yang berbasis blog. CMS ini paling digemari karena disamping user friendly, konon katanya menggunakan CMS wordpress memudahkan dalam optimasi search engine atau SEO. WordPress menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database mysql. Meskipun berbasis blog, namun banyak juga pengguna yang menggunakannya sebagai toko online, web forum, maupun web company profile. Ini dikarenakan banyak pengembang wordpress yang menciptakan extensi atau fitur-fitur yang bisa memungkinkan pengguna membuat web sesuai dengan keinginan. Selain berguna buat blog dan toko online, bagi anda yang menginginkan webnya dilengkapi dengan forum wordpress merupakan pilihan yang lengkap, karena wordpress juga menyediakan CMS yang bisa digunakan untuk membangun web forum dinamakan BBPpress.

 

3. Drupal

Sama seperti cms lainnya, bersifat terbuka dan dapat bebas di download dibawah lisensi GPL sehingga pengguna bisa bebas mempublish sesuai dengan keinginannya. Namun, menurut beberapa pemakai bawa CMS drupal ini agak sulit untuk pengguna baru. Drupal sempat menjadi CMS terbaik pada tahun 2008, dan Runer UP pada tahun 2010. Sayang pada tahun-tahun berikutnya kalah dengan Joomla dan WordPress. Namun begitu, ada beberapa kelebihan dari Drupal dari CMS yang lain yaitu File size-nya yang ringan hanya 1 M dan 3,3M saat di extract, Instalasi yang mudah serta dukungan database selain MySQL. CMS ini cocok untuk situs-situs portal berita.

 

4. Aura

Aura CMS merupakan cms buatan Indonesia. Namun, karena belum banyak yang mengembangkan CMS ini sehingga masih banyak kekurangannya. Di luncurkan pada tahun 2003, CMS mulai dari versi 1.0 kemudian dikembangkan sampa versi 1.6 pada tahun 2005.

 

5. Prestashop

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

Prestashop adalah CMS yang khusus digunakan dalam membangun toko online. CMS PRESTASHOP dapat di install pada webhosting dengan spesifikasi antara lain : berbasis linux atau windows, PHP versi 5.0 keatas, apache versi 1.3 atau IIS6 keatas.

 

6. Openchart

Sama dengan prestashop. Openchart adalah CMS khusus untuk toko online atau E commerce. Fitur-fiturnya lengkap,

 

7. XOOPs

Kepanjangan dari XOOPs adalah Extensible Object Oriented Portal System. XOOPs dulu merupakan portal system namun pada perkembangannya berpindah jalur menjadi CMS. Menggunakan bahasa PHP, dan server Apache. XOPPs bisa digunakan untuk website blog, pendidikan, komunitas maupun toko online.

 

8. CMS Moodle

CMS ini merupakan cms yang dikembangkan khusus untuk E learning. Biasanya digunakan ooleh website sekolah maupun web kursus online.

 

 

9. Vbuletin

Vbuletin adalah cms berbasis komunitas yang powerful. CMS ini bersifat komersial dengan 2 versi yaitu classic dengan harga $195 dan publishing suite dengan harga $285.

 

10. PHPBB

PhpBB merupakan software forum yang tertua dan paling banyak digunakan.

 

11. Simple Machine Forums (SMF) ,

SMF merupakan CMS untuk membangun web forum yang bisa di download dengan gratis. SMF memungkinkan anda untuk bisa mencostumize templatenya sesuai dengan kebutuhan dan bisa terintegrasi dengan web utama. Software ini ditulis dengan menggunakan bahasa PHPdan MySQL sebagai databasenya.

 

Beberapa CMS yang saya jelaskan diatas, adalah CMS yang paling banyak dipakai oleh pengguna. Sebenarnya ada banyak CMS lain, namun karena tidak terlalu popular … Pada artikel berikutnya akan saya jelaskan satu persatu detail dan cara instalasi CMS-nya.

 

Prev:
Posted in Belajar CMS, CMS • Tags: , , Top Of Page