Pengaturan Produk Wp E commerce bag 1 : Add Product

By Adhi P. - Last updated: Sunday, September 11, 2016 - Save & Share - Comments

banner438kursus Pengaturan Produk Wp E commerce bag 1 : Add Product

Pada artikel yang lalu kita sudah bahas segala hal tentang store setting wp ecommerce. Langkah selanjutnya adalah product setting. Pada product setting ini akan kita bagi jadi beberapa bab, yaitu :

1.    Product

2.    Categories

3.    Variations

4.    Coupons

Okey, mari kita mulai membahas pengaturan produk. Untuk menambah produk baru pada wp ecommerce, Klik Products -> Add New.

Sedangkan langkah – langkahnya untuk set up produk di wp ecommerce adalah sebagai berikut :

1.    Klik Products – Add New

2.    Masukkan judul produk yang anda inginkan.

3.    Tulis deskripsi produknya. Area text yang luas, tempat untuk menuliskan deskripsinya, menggunakan editor WYSIWYG. Disamping ada editornya, disini memungkinkan juga admin memasukkan link.

4.    Atur variasi produk. Biasanya 1 produk mempunyai variasi pada warna atau ukuran. Untuk mengatur variasi produknya adalah sebagai berikut :

–          Ada 2 tab variations

Tab setup : digunakan untuk menambah dan menghasilkan variasi baru.  Ada 2 elemen dari variations, yaitu nama dan variant. Nama adalah title dari variations / variasi, variant adalah tipe-nya.

Tab Manage : Setelah semua variasi sudah tambahkan, tab manage memungkinkan admin untuk mengatur dan menyesuaikan tiap variasi ke dalam produk. Penting sekali untuk menuliskan dengan detail tiap variasi seperti harga, pengiriman dan pajak yang diperlukan untuk configurasi pada tiap variasinya.

 

5.    Langkah selanjutnya adalah Atur Produk Delivery

ada 2 tipe produk yaitu fisik dan downloadable :

 

–          Produknya downloadable

·         Pada tab shipping – admin direkomendasikan untuk check / centang “Product will not be shipped to customers”.Kalau tidak di centang akan mengakibatkan shipping applied pada produk

·         Pada tab download – disini adalah tempat admin meletakkan produk downloadable-nya.

·         Tab External link – Apabila admin menguapload produk downloadable-nya di tempat lain, maka harus diisikan link-nya disini.

–          Produk fisik

·         Tab shipping – kebalikan dari produk downloadable, “produk will not shipped to customers” tidak di centang / uncheck. Ukuran dan dimensi harus diisi, dan jika produknya mempunyai variasi, setiap ukuran dan dimensi variasinya harus di isi secara detail.

·         Tab Download – Tab download – kosongkan ( kecuali ada attachement yang bisa di download )

·         tab external link – kosongkan ( kecuali ada attachement yang bisa di diownload)

6.    Langkah selanjutnya adalah set up product detail.

 

Penjelasan :

·         Image Gallery – Image gallery hanya akan aktif dengan plugin gold cart

·         short Description – Deskripsi singkat akan terlihat tergantung dari theme yang digunakan.

·         Personalization – memungkinkan konsumen untuk menulis pesan atau upload file yang akan muncul di store sales.

·         Metadata – Digunakan oleh themes jika diperlukan

 

7.    Langkah berikutnya adalah mengatur tags produk , tag produk adalah kumpulan beberapa kata yang berhubungan dengan produk. Fungsinya untuk membantu admin untuk mengingatkan suatu produk.

8.    Atur kategori produknya.

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

Kategori tidak hanya digunakan untuk mengkategorikan produk, namun sering juga digunakan untuk display tujuan. Khususnya ketika toko mempunyai banyak produk.

Caranya : Klik ” +Add a new product category” dan tuliskan kategorinya. Ada pilihan apakah kategorinya merupakan parent kategory atau child category. -> setelah kategori ditambahkan, admin dapat memilih multiple category dari suatu produk.

9.      Atur feature image.

Feature image ini adalah icon dari suatu produk. Akan terlihat pada halaman produk dan di halaman single produk. Klik “Set Featured Image” dan upload gambarnya.

10.  Atur harga produk

Ada 2 tipe harga :

–          Produk tanpa variant : ada 2 tipe harga yang harus di inpur. Price dan Sale Price. Jika admin mengisikan pada kedua harga, yang akan konsumen lihat adalah Sale price sementara original price dicoret.

–          Produk dengan variant : Akan ada pesan seperti “This product has variations. To edit the price, please use variation Controls”. Yang artinya anda harus ke tiap variant dan mengatur harga pada tiap variantnya.

11. Atur stok inventori

Disamping memasukkan SKU untuk produk, store admin dilengkapi dengan stock control. Jadi setiap stock item mencapai 0, store admin dapat memberikan notifikasi dan atau otomatis produknya tidak terpublish di shop online.

 

12. Elemen selanjutnya yang harus di set up adalah Pajak.

Pajak pada individual produk diatur untuk pajak spesial. Produk bisa dibebaskan dari pajak atau hanya sebagian yang dikenai pajak. Jika produknya tidak dikenai pajak , centang pada “Product is exempt from taxation”

 

13. Yay.. akhirnya selesai mengatur produk pada wp ecommerce, jangan lupa untuk klik Publish yaa.

Pada artikel selanjutnya kita akan membahas cara mengatur kategori. Don’t miss it!

Posted in Belajar CMS, CMS • Tags: , , Top Of Page