Prev: «
Next:

Encapsulation (Enkapsulasi) PHP

By Adhi P. - Last updated: Monday, September 22, 2008 - Save & Share - Comments

banner438kursus Encapsulation (Enkapsulasi) PHP

Seperti janji saya pada tutorial Class PHP yang lalu, mulai sekarang saya akan cerita tentang encapsulation atau enkapsulasi.
Pegang aja tuh kata-kata kapsulnya. Pernah minum obat berbentuk kapsul kan? Nah fungsi encapsulation juga sama dengan kapsul itu, yaitu membungkus atau menyembunyikan obat di dalamnya.
Dalam OOP tentu saja bukan obat yang disembunyikan tetapi kodenya.
Ok, kita kembali ke contoh ilustrasi rumah kita. Saya yakin bahwa kalau kita tanya mengenai bahan pembuat batu bata, tukang batu tadi paling tidak tahu bahwa tidak semua tanah bisa dijadikan batu bata. Dia kemungkinan akan  menjawab dengan tanah liat atau tanah merah sebagai bahan pembuat batu bata.
Akan berbeda jika pertanyaan yang sama kita ajukan pada seorang peneliti unsur kimia tanah. Dia akan menjelaskan dengan profesional mangenai susunan kimiawi tanah liat. Yang tantu saja tidak diketahui oleh tukang batu.
Nah, pembungkusan atau penyembunyian informasi itulah kira-kira arti dari encapsulation atau enkapsulasi. Dalam pemrograman, tujuan encapsulation adalah menyembunyikan property dan method suatu objek. Tidak semua property atau method yang disembunyikan, beberapa dari mereka ada yang diinformasikan.
Property atau method yang ditampilkan tadi dalam kasus batu bata kita adalah tanah liat atau tanah yang berwarna merah.
Nah, property atau method yang ditampilkan dalam objek disebut interface.
Encapsulation memiliki beberapa keuntungan:
Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.
Ok. Penjelasan tentang Encapsulation saya akhiri di sini. Berikutnya kita akan membahas tentang Inheritance.

Susah Cari kursus PHP / MySQL? Ke Kursus-online.com aja. Bisa untuk bisnis juga. Kursus bisa dapet duit Jutaan!

About the author

 Encapsulation (Enkapsulasi) PHP Adhi Prasetio mulai menggeluti pembuatan website sejak tahun 2001. Di samping kesibukannya sebagai pengajar dan pembicara dengan topik e-commerce, penulis juga telah bertahun-tahun aktif menulis di internet. Sebagian besar tulisannya ditujukan untuk berbagi pengalaman dan membantu para pemula dalam mempelajari cara membuat website dan internet marketing. Penulis yang juga dikenal sebagai Prothelord, merupakan pengelola sekaligus kontributor utama websitehttp://prothelon.com yang merupakan salah satu website populer untuk belajar membuat website. Buku yang sudah diterbitkan antara lain Cara Mudah Membuat Desain web untuk Pemula, Tip & Trik Menjadi Master PHP, Buku Pintar Pemrograman Web dan Smart Guide Jualan Online. Anda bisa melihat profilnya di Google+

Prev: «
Next:
Posted in OOP PHP • Tags: , Top Of Page