Prev:

Membuat Guest Book dengan PHP & MySQL – 1

By Adhi P. - Last updated: Sunday, February 18, 2007 - Save & Share - Comments

banner438kursus Membuat Guest Book dengan PHP & MySQL   1

Saya memperoleh ide menulis tutorial membuat guest book dengan PHP dan MySQL ketika salah seorang pembaca prothelon.com mengirim email ke saya yang isinya seperti ini:

Siiip deh….. kalo boleh aku usul, gimana kalo tutorial lanjutannya nanti pakai kasus yang nyata… yah misal cara buat website kayak bekas.com atau apalah… jadi pembaca tambah pinter termasuk (aku he..he he..), bukannya apa-apa nih, aku kan lagi ada tugas buat website u/ menampilkan data usaha UKM di kabupaten-ku berdasarkan jenis usahanya…. nah krn tugas itu akhirnya aku mulai belajar pemograman website ini… ya.. proyek amal sih…karena tidak ada dananya.. tapi suatu kebanggaan sih bagi aku kalo aku bisa membuatnya… so please deh…. nanti diajari ya……

thanks

Casay

 

 

Idenya sangat menarik. Sampai saat ini isi prothelon.com masih teori aja. Sarannya adalah agar dibuat tulisan tentang contoh implementasinya. Untuk memenuhi saran tersebut, saya sudah menambahkan kategori baru dalam tutorial yaitu Proyek. Well, dalam tulisan kali ini saya akan membahas pembuatan guest book sesuai permintaan juga dari Mas Freddy M. Semoga bermanfaat.

Guest book, apaan tuh? Buat yang awam banget, guest book itu adalah sebuah halaman web di mana pengunjung kita bisa meninggalkan pesan dan kesannya selama mengunjungi situs web kita. Nah, kita akan mencoba membuat aplikasi tersebut dengan menggunakan PHP dan MySQL. Bagi yang masih baru, kamu bisa mulai belajar PHP di sini dan cara koneksi ke MySQL di sini.

Untuk mewujudkan sebuah guest book, kita akan membuat 2 buah halaman PHP. Halaman pertama berfungsi untuk menampilkan isi buku tamu dan form isian buku tamu. sedangkan halaman kedua berfungsi untuk memproses isi form dan menyisipkannya ke dalam tabel MySQL kita.

Nah, sebelum kita membuat halaman PHPnya, kita perlu terlebih dahulu membuat tabel untuk menyimpan pesan tamu kita.

Kamu bikin itu tabel dengan nama buku_tamu dengan 3 buah field: id, nama dan pesan. (kamu bisa ngembangin sendiri nantinya, misalnya dengan menambahkan field tanggal dan email ya…). Biar gampang bikinnya pake phpMyadmin aja tuh. Atau kalau kamu bisa pake yang command based, gunakan perintah berikut:

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

 


CREATE TABLE buku_tamu(id INT NOT NULL AUTO_INCREMENT,

PRIMARY KEY(id), nama VARCHAR(30), pesan VARCHAR(50));

Setelah tabel siap, sekarang waktunya untuk membuat form isian untuk tamu kamu.

Bersambung…..

Prev:
Posted in Script PHP • Tags: , , Top Of Page