Membuat Guest Book dengan PHP & MySQL – 2

By Adhi P. - Last updated: Tuesday, March 13, 2007 - Save & Share - Comments

banner438kursus Membuat Guest Book dengan PHP & MySQL   2

Pada bagian 1, kita sudah mempelajari mengenai pengertian buku tamu alias guest book. Kita juga sudah menyiapkan tabel sebagai wadah penyimpanan pesan dari pengunjung. Jangan lupa, siapkan password, database dan user id tabel itu ya? Pada bagian 2 ini, kita akan ngebahas cara membuat form isian buku tamu kita.

 

Dalam pembuatan buku tamu, kita akan membuat tabel, form isian bukutamu.htm dan file php bukutamu.php. Untuk memperjelas tentang pembuatan buku tamu ini, sebelumnya akan saya jelasin hubungan antara ketiganya.

Halaman yang pertama dilihat oleh pengunjung situs kita saat akan mengisi buku tamu adalah bukutamu.htm. Di halaman ini mereka akan mengisikan nama dan komentar mereka pada form tersebut. Setelah selesai mengisi, pengunjung tersebut akan mengklik tombol ‘kirim’ yang akan mengeksekusi file bukutamu.php. File ini bertugas untuk menangkap isi dari form bukutamu.htm dan memasukkannya ke dalam tabel yang sudah kita siapkan pada bagian 1. Gimana, dah jelas kan? kalau sudah, kita akan melanjutkan pada pembuatan script bukutamu.htm.

Tag HTML yang digunakan dalam bukutamu.htm sangat sederhana. Kita akan menggunakan beberapa tag HTML yaitu <FORM>,<INPUT> dan <br />.

 

Script HTMLnya seperti di bawah ini:


<FORM NAME=bukutamu ACTION=bukutamu.php>

Nama : <INPUT TYPE=text NAME=nama><BR />

Pesan : <INPUT TYPE=text NAME=pesan><BR />

<INPUT TYPE=submit VALUE=kirim>

</FORM>

Berikut penjelasan baris per barisnya:

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

 

Ternyata ndak terlalu rumit kan? Guaampang ko. icon smile Membuat Guest Book dengan PHP & MySQL   2

nah, kalau sudah mudeng, kita akan bikin file bukutamu.php yang akan memasukkan isi dari input nama dan pesan ke dalam tabel yang sudah kita buat sebelumnya.

 

Posted in Script PHP • Tags: , , Top Of Page