Mendeteksi Jam dan Tanggal Komputer Client dengan Javascript

By Adhi P. - Last updated: Wednesday, February 8, 2012 - Save & Share - Comments

banner438kursus Mendeteksi Jam dan Tanggal Komputer Client dengan Javascript

Tutorial mendeteksi waktu dan tanggal client ini merupakan tambahan dari tutorial sebelumnya tentang cara menampilkan tanggal di PHP.

Beberapa waktu yang lalu ada pengunjung yang membaca tutorial Belajar Cara Menampilkan Tanggal di PHP dan menanyakan hal ini:

Nah ini kan ngambil dari server pak. ? Otomatis kalo tjuan site qt all country beda wktu to pak. ? Trus biar jam nya detect kayak jam client gmn pak. ? Tks

Jawaban saya waktu itu adalah seperti ini:

Sepengetahuan saya PHP adalah server side programming, jadi tidak bisa digunakan untuk mengambil time date dari client. Solusi yang saya ketahui ada 2, mengambil time zone berdasarkan IP atau menggunakan Javascript. Nanti saya tulis tutorialnya kalau sudah ada waktu.

Tks

Nah, tutorial mendeteksi jam dan tanggal komputer client ini adalah jawaban atas pertanyaan tersebut.

PHP adalah server side scripting. Itu artinya, semua proses yang dilakukan oleh PHP dilakukan di server, bukan client. Jadi, secara umum saya bisa katakan bahwa kita tidak bisa mengambil data waktu dan tanggal dari komputer client menggunakan PHP.

Untuk solusinya yang saya ketahui ada 2, yaitu:

1. Mengambil data IP dari komputer client, kemudian mencari timezonenya, proses ini mirip dengan tutorial yang pernah saya tulis tentang mencari negara asal pengunjung berdasarkan alamat IP. Setelah mengetahui time zone, kita bisa melakukan perhitungan waktu relatif client terhadap waktu server. Cara ini memiliki kekurangan yaitu apabila client kita menggunakan proxy yang ada di time zone berbeda, maka alamat IPnya tidak akan akurat.

2. Cara kedua adalah menggunakan Javascript + PHP. Berikut adalah script PHP + Javascript yang bisa coba digunakan:


if( !$_REQUEST["waktu_client"] )

{

echo "<script type=\"text/javascript\">";

echo "localtime = new Date();";

echo "document.location.href = '$PHP_SELF?waktu_client=' + localtime.getTime();";

echo "</script>";

}

else

{

// Proses selanjutnya menggunakan variabel $waktu_client

}

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

Pada prinsipnya, script PHP di atas akan mengambil data waktu dari komputer client menggunakan Javascript, dan kemudian memasukkan data tersebut ke dalam variabel $waktu_client. Data waktu client bisa Anda ambil dari variabel $waktu_client tersebut untuk diproses lebih lanjut.

Ok, demikian tutorial tentang cara mendeteksi Jam dan Tanggal Komputer Client dengan Javascript dan PHP, mudah-mudahan bermanfaat.

 

 

 

Posted in Belajar PHP Lanjutan, Java Script, Script PHP • Tags: , , Top Of Page