PHP Master – The Basic Part 2

By Adhi P. - Last updated: Wednesday, June 20, 2012 - Save & Share - Comments

banner438kursus PHP Master   The Basic Part 2

[Lanjutan dari PHP Master – The Basic Part 1]

Adelpun menghabiskan makannya dengan kecepatan kilat. Rasa ingin tahunya membuatnya makan 2 kali lebih cepat dari biasanya.

Lima menit kemudian, keduanya sudah ada di depan laptop Adel dan membuka Google.

”Nah Del, untuk mengetahui bagaimana sebuah halaman web bisa tampil di laptopmu ini kamu harus tahu dulu tentang 3 hal penting yaitu apa yang dinamakan dengan HTML alias Hyper Text Mark up Language, server web dan client”.

“HTML merupakan bahasa yang mudah digunakan dan sangat umum digunakan dalam pemrograman web, Del”, lanjut Ayahnya.

“Kamu tahu enggak perbedaan mendasar antara pemrograman VB yang sudah kamu pelajari dengan pemrograman web?” tanya Ayahnya.

Adel berpikir sejenak dan menggelengkan kepala.

“Ayah tanya sekarang, kalau kamu melakukan browsing, software apa yang kamu pakai?” tanya Ayahnya.

“Firefox, Yah”

“Nah, di situ letak perbedaan mendasar dari kedua metode pemrograman itu. Kalau kamu bikin program pake VB, maka kamu bisa langsung menjalankan program kamu dari komputer tanpa perlu bantuan software apapun kan?”

”Hal itu berbeda dengan pemrograman web yang selalu memerlukan Internet Explorer untuk melihat hasil kode yang kamu tulis”.

”Firefox, Internet Explorer atau browser apapun yang kamu pakai akan menerjemahkan kode-kode HTML dari halaman web yang kamu buat menjadi tampilan yang bisa dilihat dengan enak oleh kita”.

Ayahnya melanjutkan, ”Untuk memudahkan penjelasan Ayah, kita akan membahas sebuah contoh halaman web sebagai kasusnya. Nah, kamu kan sudah membuka Google nih.”

Adel menganggukkan kepala dan melihat tampilan sederhana dari halaman utama Google itu.

”Untuk memungkinkan halaman web Google ini dapat tampil di laptop kamu, maka ada 3 hal utama yang harus ada yaitu server web Google yang bertugas mengirimkan kode HTML dari halaman web Google yang disimpan oleh programer webnya ke laptop kamu. Internet yang bertugas menghubungkan antara server web Google dengan laptop kamu sehingga server dapat mengirimkan kode HTMLnya ke laptopmu di sini. Dan terakhir adalah sebuah browser dalam kasus ini adalah Firefox yang bertugas menerjemahkan kode HTML yang diterimanya dari server web Google dan menampilkannya dalam bentuk yang bisa kamu lihat sekarang ini. Dalam hal ini, laptop kamu yang memiliki browser disebut dengan client.”

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

(Asyik kan? Baca terus lanjutan penjelasan Ayah di Novel PHP Master – The Basic Part 3 )

Posted in Tutornovela - PHP Master • Tags: , Top Of Page