The Basic – Part 1

By Adhi P. - Last updated: Friday, June 15, 2012 - Save & Share - Comments

banner438kursus The Basic   Part 1

(Sambung dari Novel PHP Master The Beginning part 2)

Penjelasan cara kerja HTML. Cara membuat HTML di lokal. Buka Source, ada tag. Belajar HTML. Bagaimana Proses pengiriman data. Server, Client, Browser.

 

Sore itu, Adel sibuk membuat program game di laptop kesayangannya. Sebuah laptop bekas yang diberi ayahnya sebagai hadiah ulang tahunnya yang ke 15. Dell 600 MHz, dengan memori 256 MB. Dilihatnya beberapa program yang sudah terinstall di laptopnya. Tidak seperti layaknya sebuah komputer berbasi windows lain yang dimiliki teman-temannya, di laptopnya Adel sama sekali tidak menginstall aplikasi MS-Office apapun. Sebagai gantinya Dia lebih senang menggunakan Open Office yang merupakan program open source. Pernah suatu kali Ririh menanyakan hal itu, dan dijawab olehnya pendek.

 

“Dari pada ngebajak software mending pake open source”.

 

Tiba-tiba terdengar suara ayahnya memanggilnya dari ruang kerjanya.

 

“Del, Laptopmu punya wireless LANkan? Coba sini Ayah setting biar bisa konek ke jaringan kita yang baru”

 

”Jaringan apa Yah?” Tanya Adel penuh ingin tahu.

 

”Tadi Siang ayah pasang koneksi unlimited ke Internet lewat telepon kita” Jawab Ayahnya sambil menyebutkan salah satu provider Internet terbesar di kota mereka.

 

”Nah, daripada hanya ayah sendiri yang pakai, mending kita pakai bareng-bareng aja. Biar kamu juga bisa akses Internet. Tadi Ayah udah pasang Access Point di ruang kerja Ayah biar kamu bisa akses juga lewat Wireless Lan mu. Ceritanya kayak hot spot kecil-kecilan gitu. Mau?”

 

”Pasti Yah. Ini laptopnya” Jawab Adel dengan gembira dan buru-buru menyerahkan laptop kepada Ayahnya.

 

Sambil mengeset proxy di browsernya ayahnya berkata, ”Del, ayah memasang koneksi Internet unlimited ini biar kamu bisa segera terbiasa dengan Internet. Kamu tahu Del, Internet membuka peluang bagi kita orang Indonesia untuk eksis di dunia tanpa dibatasi oleh berbagai aturan dan sistem yang sering menjadi penghambat di negeri ini Del. Kamu harus bisa memanfaatkannya. Ingat, masa depan kita tidak akan jauh dari Internet”.

 

Ayahnya memang tidak bicara sembarangan, lebih dari 150 trilyun rupiah sudah dihabiskan orang untuk belanja iklan via internet per tahun , dan angka itu hanya untuk Amerika saja. Sebuah angka yang sangat menggiurkan, terutama karena setiap individu dapat ikut menikmati bagian dari kue itu.

 

Sepuluh menit kemudian, Adel sudah sibuk mencoba akses Internet menggunakan laptopnya.

 

Selama ini memang Dia sudah pernah beberapa kali menggunakan Internet, tapi sebatas mencari materi untuk tugas sekolahnya di beberapa web site. Itupun melalui Warnet.

 

Dua hari berikutnya, Adel hampir selalu menghabiskan waktunya di depan laptop dan mengakses Internet. Dalam waktu sesingkat itu, Dia sudah mulai memahami cara kerja Internet. Hal pertama yang dilakukannya adalah membuat alamat e-mail baru dan mencoba mengirim e-mail ke Ayahnya. Benar-benar seperti sulap, dengan menggunakan e-mail, orang bisa melakukan pengiriman berita seperti surat namun dalam waktu yang jauh lebih singkat dan biaya yang sangat murah.

 

Try This: 4 Langkah Mudah Belajar Cara Membuat Website, Langsung Praktek! KLIK DI SINI!.

Entah sudah berapa puluh situs web yang sudah dikunjunginya, kebanyakan tentang pemrograman VB. Adel baru menyadari bahwa dengan menggunakan bantuan mesin pencari seperti Google, dia dapat mencari berbagai macam fungsi VB yang berguna tanpa harus repot menuliskannya sendiri. Dengan bantuan Internet, pembuatan gamenya berjalan jauh lebih cepat dari yang diperkirakannya.

 

Saat makan malam, Ayahnya bertanya, ”Del, udah berapa situs web yang kamu akses?”

 

”Banyak Yah, puluhan mungkin ratusan” Jawabnya sambil mengunyah potongan kacang panjang kesukaannya.

 

”Kamu pernah berpikir nggak, bagaimana semua situs web itu bisa menampilkan informasi ke laptop kamu?” Lanjut Ayahnya.

 

Adel terdiam. ”Bener juga. Gimana caranya ya? Kan situs itu terletak di bagian lain dari bumi ini.” batinnya.

 

”Yah, gimana sih caranya” Tanyanya penuh antusias.

 

”Beresin dulu tuh makan kamu, nanti Ayah jelasin sambil mencoba di laptop kamu”

 

(Seperti apa penjelasan Ayah Adel? Tunggu di episode selanjutnya… PHP Master – The Basic Part 2)

Posted in Tutornovela - PHP Master • • Top Of Page